Home / Fakta / Rahasia Tersembunyi pada Kolang-kaling, Mengejutkan!

Rahasia Tersembunyi pada Kolang-kaling, Mengejutkan!

Nama buah yang satu ini sudah asing lagi, Siapa yang tak kenal dengan kolang kaling. Yups, Buah yang juga punya nama lain yakni buah atap ini, memang sering kita jumpai dipadukan dengan kolak, bajigur, dan ada pula yang berupa manisan. Memiliki rasa yang unik dan khas, buah ini sangat cocok bila dipadukan dengan beragam minuman yang bercita rasa manis. Ternyata ada rahasia besar yang tersembunyi di balik buah kolang-kaling.
kolang kaling
Kolang kaling sendiri merupakan buah yang dihasilkan oleh pohon aren atau pohon enau. Tanaman ini berasal dari wilayah Asia yang terkenal dengan iklimnya yang tropis, lalu tanaman ini mulai menyebar dari daratan India timur, hingga sampai ke negara Malaysia, Filipina dan terakhir Indonesia. Tanaman dan Buahnya ini memiliki banyak manfaat yang penting. Selain menghasilkan buah ini, pohon aren adalah penghasil gula aren.

Meski bentuknya terbilang kecil, Kolang kaling kaya akan gizinya yang berlimpah. Di dalam buah ini, terkandung kadar air sampai 93,8 % untuk setiap 100 gramnya. Selain itu, ia juga mengandung 4 gram karbohidrat, 1 gram kadar abu, 0,95 gram serat kasar, dan juga kandungan protein 0,69 gram. Ditambah lagi kandungan gelatin, vitamin A, vitamin B, serta vitamin C menjadikannya kaya akan gizinya. Wah banyak sekali ya?

Bukan hanya kaya akan gizinya ternyata Dalam buah inijuga terdapat beberapa manfaat. Bahkan menurut Informasi dari Departemen Pertanian Indonesia, ada beberapa manfaat dari kolang kaling yang dapat kita peroleh jika mengkonsumsinya, diantaranya adalah sebagai berikut :

Memperlancar Sistem Pencernaan

Di dalam Kolang kaling rupanya terkandung serat kasar sampai 39%. Serat itu akan membantu untuk melancarkan pencernaan di dalam tubuh. Serat yang masuk akan membuat BAB (buang air besar) lebih teratur sehingga akan membantu mencegah obesitas, wasir dan lain sebagainya.

Berkhasiat untuk mengobati nyeri sendi

Masih dengan manfaatnya, kolang kaling merupakan obat yang tepat untuk mengobati nyeri sendi pasalnya kolang kaling dapat dimanfaatkan sebagai obat alami. Berikut adalah caranya,

siapkan kolang-kaling, rebuslah tanpa gula atau pewarna dan jangan dijadikan manisan. Setelah direbus dan matang, Anda bisa menggunakannya sebagai camilan. Cukup anda Konsumsi 100 gram sampai 200 gram perhari nya. Karena didalam kolang kaling terkandung karbohidrat galaktomannan sebesar 52,9 % yang mampu meredakan sakit atau memberikan efek analgesik. Hal itu dipercaya bisa mengurangi rasa sakit pada persendian.

Manfaat Kolang-Kaling bagi Tulang

Buah kolang kaling ternyata mengandung kalsium yang hampir menyamai susu sapi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, 100ml susu sapi memiliki kandungan kalsium sebanyak 125mg, sedangkan per 100 gramnya memiliki kandungan kalsium sebanyak 91 mg. Ini menunjukan bahwa kolang kaling adalah buah yang memiliki kalsium cukup tinggi setelah kalsium yang terkandung dalam susu sapi.

Tentang Novira Andari Safitri

I'm only human..

Lihat Juga

modus penipuan terbaru 2017 featured

Seram, Inilah Modus Penipuan Terbaru 2017 yang Mengincar Keluarga Anda

Nggak ada satu orang pun yang mau tertipu. Tapi banyak banget yang awalnya nggak curiga sedikit pun, akhirnya malah rugi jutaan rupiah. Karena memang di Indonesia khususnya banyak orang jahat!