Home / Berita / Universitas Ternama di Bandung ini, Berikan Kuliah Gratis untuk Fakultas Kedokteran!

Universitas Ternama di Bandung ini, Berikan Kuliah Gratis untuk Fakultas Kedokteran!

Kabar gembira untuk anak bangsa yang betcita-cita menjadi seorang dokter, kabarnya salah satu Perguruan Tinggi ternama di Kota Bandung yakni Universitas Padjajaran (Unpad) akan menggratiskan biaya pendidikan mahasiswa baru untuk program studi Sarjana Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Spesialis di Fakultas Kedokteran. Menurut Rektor Unpad, Tri Hanggono Achmad, Kebijakan kuliah gratis ini diambil untuk memenuhi kebutuhan tenaga dokter dan dokter spesialis di berbagai daerah, khususnya di Daerah Jawa Barat, karena daerah-daerah tersebut masih memerlukan tenaga medis, jadi mereka siap untuk bisa memberikan biaya pendidikannya,” sebagaimana yang telah di kutip dari laman unpad.ac.id, Rabu 27 Januari 2016.

Fakultas Kedokteran Unpad Gratis
Fakultas Kedokteran Unpad

Pada tahun akademik 2016/2017, Fakultas Kedokteran Unpad akan menerima sebanyak 250 calon mahasiswa. 125 diambil dari jalur SNMPTN dan 125 lagi diambil dari jalur SBMPTN. Untuk biaya perkuliahan, seluruh mahasiswa yang terpilih akan mendapatkan biaya gratis melalui beasiswa yang telah dikeluarkan oleh pemerintah daerah dari 27 kota atau Kabupaten di Jawa Barat.

Eits, meskipun kuliah gratis tentu ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa penerima beasiswa ini. Unpad memberikan persyaratan khusus bagi calon mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa, baik untuk calon mahasiswa Pendidikan Dokter maupun Dokter Spesialis. Akan ada perjanjian terlebih dahulu antara calon mahasiswa dengan pihak Unpad. Dalam isi perjanjian tersebut dikatakan bahwa ketika lulus, para dokter yang mendapatkan beasiswa ini, wajib mengabdi di berbagai wilayah atau instansi yang telah ditentukan. Karena jika tidak, Unpad tidak akan mengeluarkan ijazah kedokterannya.

Menurut Rektor Unpad ini, ketersediaan tenaga dokter dan dokter spesialis di Jawa Barat belumlah merata. Masih terpusat hanya di beberapa kota besar. Maka dari itu Unpad berkomitmen untuk membantu serta mendistribusikan tenaga dokter dan dokter spesialis ke seluruh wilayah di Jawa Barat secara merata. Kabarnya, Unpad juga membuka peluang untuk daerah lain di Indonesia yang memerlukan dokter dan dokter spesialis. Dengan program ini Tri Hanggono Achmad berharap keberadaan tenaga dokter bisa lebih merata di berbagai wilayah di Indonesia.

Masih menurut Tri Hanggono Achmad, hal ini dikarenakan Unpad ingin membangun sikap kesiapan mengabdi sungguh-sungguh kepada masyarakat bagi para lulusannya. Jika mereka tidak bersedia memenuhi perjanjian tersebut, lebih baik jangan  kuliah di Kedokteran Unpad. Ada banyak perguruan tinggi lain yang juga menyediakan pendidikan kedokteran. Ujarnya.

Sementara itu, Yoni Fuadah Syukriani yakni Dekan Fakultas Kedokteran Unpad, menambahkan jika program ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang benar-benar mencintai masyarakat. “Ini adalah salah satu cara memfasilitasi mereka (mahasiswa) sehingga bisa bekerja dengan baik di masyarakat, dan karirnya bisa dibangun,”

Bagaimana? Tertarik untuk kuliah gratis?

Tentang Novira Andari Safitri

I'm only human..

Lihat Juga

Fakta Menarik Kemerdekaan Indonesia

shares Facebook Twitter LINEMerdeka!!, Bulan Agustus merupakan Bulan dimana Indonesia merdeka dari para penjajah. Tahun …