Home / Fakta / Cerita Mengharukan Dibalik Terciptanya Becak

Cerita Mengharukan Dibalik Terciptanya Becak

Siapa yang tak kenal becak? Becak ialah satu moda transportasi yang cukup banyak digunakan dan dikenal oleh orang di indonesia. Meski saat ini kendaraan yang dikenal oleh masyarakat telah menggunakan sistem yang serupa dengan sepeda dan sepeda motor untuk menjalankannya, ternyata pada mulanya becak menggunakan tenaga manusia, seperti yang digunakan di Negara Jepang atau China. Tetapi tahukah kamu bahwa ternyata terdapat sebuah cerita mengharukan dibalik terciptanya becak.

Asal muasal Becak
Sumber : www.apakabardunia.com

Cerita Asal Becak

Becak untuk pertama kali muncul di Negara Jepang pada sekitar tahun 1868, dengan nama jinrikisha (人力車, 人 jin = manusia, 力 riki = daya atau tenaga, 車 sha = kendaraan. Menurut dari cerita versi kedua tentang asal muasalnya, pada masa itu mulai banyak orang asing yang berdatangan hingga akhirnya menetap di Negara Jepang karena keterbukaan masyarakat Negara Jepang terhadap pendatang terutama dari barat. Becak pertama kali diciptakan oleh seorang misionaris asal Amerika yang bernama Jonathan Goble.

Banyak sumber yang menyebut nama Jonathan Goble sebagai Jonathan Scobie. Ternyata alasan Jonathan menciptakannya ialah karena keinginannya yang besar untuk mengajak istrinya yang lumpuh berjalan-jalan ke wilayah sekitar Yokohama. Untuk membuat Istrinya yang bernama Eliza Weeks dapat melihat-lihat wilayah sekitar dengan nyaman dan tenang, maka Goble pun mulai membuat rancangan sebuah moda transportasi impiannya, yang kini dikenal dengan nama becak.

Untuk menghasilkan kendaraan yang sesuai dengan rancangan yang ia buat, Goble akhirnya meminta bantuan kepada seseorang yang bernama Frank Pollay untuk menyempurnakan kendaraan tersebut agar mampu berjalan secara sempurna sesuai dengan yang diimpikan Jonathan, karena merasa terharu dengan keinginan jonathan untuk membawa istrinya berjalan-jalan, pollay akhirnya meminta bantuan kepada seorang pandai besi bernama Obadiah Wheeler untuk membantu mewujudkan impian jonathan. Pada tahun 1872, becak pada akhirnya mulai dikenal lalu diproduksi secara massal di Tokyo. Tak berselang lama dari jepang, becak mulai berkembang di Negara China dan India sekitar tahun 1880. Lalu, pada tahun 1914 akhirnya becak menjadi salah satu transportasi yang banyak ditemukan di kota-kota di Asia Tenggara.

Sedangkan di Indonesia sendiri, yakni Kota Jakarta secara resmi melarang keberadaan becak. Becak dilarang di Jakarta sekitar akhir dasawarsa 1980-an. Alasannya karena dianggap sebagai “eksploitasi manusia atas manusia”. Sebagai gantinya bermunculan ojek, bajaj dan Kancil. Sampai saat ini keberadaannya masih bisa kita temui di beberapa kota lain. meski agak jarang, transportasi ini masih diminati oleh sebagian masyarakat.

Tentang Novira Andari Safitri

I'm only human..

Lihat Juga

modus penipuan terbaru 2017 featured

Seram, Inilah Modus Penipuan Terbaru 2017 yang Mengincar Keluarga Anda

Nggak ada satu orang pun yang mau tertipu. Tapi banyak banget yang awalnya nggak curiga sedikit pun, akhirnya malah rugi jutaan rupiah. Karena memang di Indonesia khususnya banyak orang jahat!