Home / Travel / Mengintip Surga yang tersembunyi di Kawah Wurung, Ijen

Mengintip Surga yang tersembunyi di Kawah Wurung, Ijen

kawah wurung
Selain kaya akan budaya, Indonesia dikenal pula kaya akan keindahan alamnya. Salah satu dari sekian banyak pesona alamnya adalah Kawah Wurung. Kawah yang terletak di sebuah kawasan pegunungan di daerah Bondowoso ini, letaknya sangat dekat dengan Kawah Ijen Banyuwangi. Meski terbentuk dari tanah vulkanik yang telah lama mati, tempat ini tidaklah gersang, malah terlihat begitu indah dengan hamparan rerumputan nan hijau, sepintas membuat tempat ini hampir mirip dengan bukit Teletubbies yang terletak di Bromo. Hanya saja kawah wurung jauh lebih luas dari bukit teletubbies. Penasaran kan sama pesonanya? Yuk kita simak.

Kawah Wurung, Jampit-Bondowoso - 4

Karena letaknya yang mudah diakses, Wisatawan bisa menempuh jalur udara dengan tujuan Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Blimbingsari Banyuwangi. Setelah itu perjalanan akan dilanjutkan melalui jalur darat dengan mobil atau motor sewaan, karena tidak adanya angkutan umum untuk menuju daerah Ijen. Waktu tempuh dari kota sekitar satu setengah jam sedangkan jarak tempuh Kawah Ijen Banyuwangi sekitar 7 km.
Sepanjang perjalanan menuju lokasi, wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan pohon pinus, deretan pegunungan, hingga perkampungan penduduk.

Setelah melihat keindahannya dari atas, anda bisa turun ke bawah melalui tanjakan sepanjang 100 meter untuk sampai ke sebuah savana luas, yang merupakan kawasan cekung dengan pemandangan perbukitan yang mengelilingi keindahannya. Tanjakan ini juga dikenal dengan nama tanjakan cinta karena memiliki sudut serta ketinggian yang sama dengan Tanjakan Cinta di Ranu Kumbolo. Selain melihat keindahannya wisatawan juga bisa bermain dengan beberapa kijang dan sapi yang berkeliaran bebas di hamparan padang rumput nan indah ini.

02-Java_Banana_Luxury_Lodge_735_525

Akses yang cukup mudah, serta biaya masuk yang tak berbayar alias gratis ini membuat kawasan wisata ini banyak diminati oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Setelah puas menikmati keindahan alamnya, anda juga dapat menikmati kuliner di restoran Java Banana Ijen yang berada di Desa Licin, Kafe yang juga galeri ini terletak tepat di bawah kaki Gunung Ijen yang tentu saja menyuguhkan pemandangannya yang tak kalah indahnya. Bangunan resto yang nampak unik membuatnya terlihat megah dan unik. Disini anda bisa memanjakan perut dengan latar belakang alam yang indah.

Bagaimana? Destinasi wisata ini sungguh menarik bukan?
Bila anda seorang fotografer, nampaknya tempat ini adalah salah satu tempat yang wajib anda kunjungi.

Tentang Novira Andari Safitri

I'm only human..

Lihat Juga

Ragam Layanan Taksi di Jakarta

Apa Layanan Taksi Favorit kalian?