Home / Berita / Hati-Hati Modus Penipuan Baru Via Inbox Facebook!

Hati-Hati Modus Penipuan Baru Via Inbox Facebook!

Seiring berkembangnya teknologi, Semakin banyak pula penipuan dengan berbagai modus yang memanfaatkan kecanggihan teknologi, dari mulai sms “Mama minta pulsa” sampai “Suami saya sudah survey lokasi”. Tak berselang lama bermunculan lagi lewat telepon dari “Menang Hadiah” sampai “Anggota keluarga Kecelakaan parah dan dibawa ke rumah sakit”.

Kali ini Bentaran.com akan bahas modus terbaru yang saya anggap paling “bisa” buat ngibulin korbannya. Yups, penipuan via inbox social media Facebook. Siapa yang tak tahu Facebook? Aplikasi social media buatan Mark Zuckerberg ini menjadi aplikasi “wajib” di era modern seperti sekarang ini.

Bagaimana bila akun Facebook teman atau saudara yang kamu kenal tiba-tiba mengirim pesan ke inbox Facebook kamu? Beramah-tamah lalu merayu anda untuk mentransferkan sejumlah uang ke rekening “seseorang” yang ia sebut keluarganya ataupun temannya. Sebagian orang mungkin akan percaya lalu tertipu begitu saja.

Dibawah ini adalah contoh penipuan lewat Facebook yang baru saja saya alami kemarin, dan yang kena hack adalah akun FB wali kelas saya semasa SMA.

Penipuan Facebook Lewat Inbox 1

Penipuan Facebook Lewat Inbox 1
Begitulah isi dari percakapan saya dengan ibu wali kelas saya yang “palsu”

Saya harap anda akan lebih berhati-hati dan waspada karena modus penipuan Facebook via inbox ini selalu diawali keramahan seperti bertanya “apa kabar?”, “assalamualaikum”, “gimana kabarnya?” Lalu dilanjut dengan meminjam sejumlah uang dan minta di transferkan dulu.

Modus ini lebih berbahaya dari mama minta pulsa, coba anda bayangkan berapa banyak orang yang sudah tertipu oleh sebuah sms yang mengatasnamakan “mama” ? Hanya sms, Bisa dibayangkan juga berapa banyak orang yang tertipu Penipuan Facebook via inbox karena lebih meyakinkan dengan menggunakan akun FB orang lain? Dan coba anda bayangkan berapa banyak orang yang mengalami pencorengan nama baik akibat modus penipuan seperti ini? Dunia semakin maju teknologi pun semakin berkembang, dan para penipu pun semakin pintar dalam menjalankan aksinya.

Bayangkan wajah polos ibu bapak kalian yang tertipu, bayangkan wajah polos ibu bapak dan sanak saudara kalian yang dianggap orang lain penipu padahal tidak melakukan penipuan apapun. Terkadang saya berfikir kenapa para penipu via Facebook tega melakukan hal tersebut, padahal mereka pasti mempunyai orangtua, dilahirkan dari rahim seorang ibu, apakah mereka tidak ingat akan keluarganya? Tetapi itulah ejahatan memang membutakan, mampu menutup nurani dan akal sehat seseorang.

Semoga tulisan saya bermanfaat untuk para pembaca, dan jangan lupa klik share untuk berbagi informasi dengan yang lainnya 🙂

Tentang Novira Andari Safitri

I'm only human..

Lihat Juga

Fakta Menarik Kemerdekaan Indonesia

shares Facebook Twitter LINEMerdeka!!, Bulan Agustus merupakan Bulan dimana Indonesia merdeka dari para penjajah. Tahun …