Home / Fakta / Bom Sarinah: Jakarta Mencekam, Inilah Kronologi Ledakan di Sarinah

Bom Sarinah: Jakarta Mencekam, Inilah Kronologi Ledakan di Sarinah

Ledakan Sarinah Bom Sarinah 2016 Palmerah

Terjadi ledakan dan teror penembakan di pusat kota Jakarta di Thamrin. tepatnya di Sarinah hari ini, 14 Januari 2016. Suasana tampak mencekam. Polisi menutup dan mensterilisasi kawasan yang terkena ledakan Sarinah. Enam ledakan terjadi di pos polisi Sarinah dan Starbucks. Jalan Thamrin hingga Bundaran Hotel Indonesia ditutup untuk dua arah untuk saat ini dan Kapolres Jakarta Pusat Kombes Hendro Pandowo sudah tiba di lokasi. Dia membawa pasukan beranggotakan sekitar 30-40 personel dan melakukan pemantauan di lahan kosong sebelah Wisma Mandiri dari lahan rimbun oleh ilalang itu.

Menurut saksi mata yang ada dilokasi, Peter, “Ledakan pertama terjadi di pos polisi, kemudian terjadi tembak-tembakan antara polisi dan beberapa orang yang diduga pelaku,”. Sekarang sudah ada empat korban tewas, tiga warga sipil dan satu polisi menurut Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Anton Charliyan. Ada juga laporan yang menyebutkan bahwa di Palmerah dan Semanggi juga terjadi ledakan, namun sudah dikonfirmasi kalau itu tidak benar.

Ledakan Sarinah Bom Sarinah 2016

Saat ini, suasana masih mencekam. Ambulans sudah berada di lokasi. alu lintas dari Sabang arah Sarinah ditutup. Sesekali terdengar suara tembakan dan terlihat satu helikopter melintas dari gedung Cakrawala ke Sabang. Dilansir dari kaskus, berikut adalah Kronologi ledakan di Sarinah.

Kronologi Ledakan Bom Sarinah

  • Pukul 10:30: Ledakan pertama terdengar.
  • Pukul 10:50-11:02: Terjadi ledakan kedua sampai keenam. Ledakan dikonfirmasi terjadi dari arah Pos Polisi dan Starbucks Sarinah.
  • Pukul 11.00: Baku tembak terjadi di Pos Polisi Sarinah antara polisi dengan pelaku yang diduga berjumlah belasan orang. Pos polisi hancur dan kemudian polisi datang dengan senjata lengkap. Total ledakan sekarang berjumlah enam. Terlihat satu orang yang tergeletak di tengah jalan, dan satu orang lainnya kewarganegaraan asing tergeletak di depan Starbucks.
  • Pukul 11.00-11.30: Informasi simpang siur beredar di media sosial dan jaringan pesan bahwa terjadi juga ledakan di Palmerah. Namun Kepolisian sudah mengkonfirmasi bahwa tidak ada ledakan.
  • Pukul 11.10: Empat polisi masuk dari Gedung Bangkok Bank ke lokasi kejadian. Tembakan sudah mulai reda.
  • Pukul 11.11: Polisi mulai menyerbu ke jalan dekat lokasi ledakan dan tembak-menembak yang berada di dekat Starbuck. Masih terdengar suara letusan.
  • Pukul 11.12: Puluhan polisi bermotor menuju lokasi kejadian melalui Hotel Sari Pan Pasific.
  • Pukul 11.13: Polisi bersenjata lengkap laras panjang sudah masuk ke lokasi ledakan. Dari kesaksian warga, ada sejumlah korban meninggal dunia, namun belum bisa dikonfirmasi dari pihak berwenang.
  • Pukul 11.15: Polisi menemukan senjata di lokasi.
  • Pukul 11.20: Tembak-menembak terdengar berhenti. Kawasan yang dilanda ledakan di Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat. (Dok. Istimewa) Pukul 11.16, Kapolda Metro Jaya dan Kabareskrim Polri bergerak menuju pos polisi dari Polda Metro Jaya dan Mabes Polri.
  • Pukul 11.25: Polisi antiteror bergerak ke lokasi dan beberapa dari mereka mengarahkan senjata ke atas Gedung Sarinah. Di depan Gedung Sarinah juga dipenuhi polisi antiteror. Garis polisi dipasang dari bekas Gedung Kedutaan Australia sampai Kebon Sirih.
  • Pukul 11.27: Ambulans terlihat masuk ke lokasi kejadian. Ini ambulans kedua yang menuju lokasi setelah beberapa waktu sebelumnya satu ambulans telah masuk lebih dulu.
  • Pukul 11.30: Polisi melakukan sterilisasi lokasi kejadian, dari perempatan Patung Arjuna sampai Bundaran HI. Peta lokasi ledakan di kawasan Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat.
  • Pukul 11.41: Kapolres Jakarta Pusat Kombes Hendro Pandowo tiba di lokasi. Dia membawa pasukan beranggotakan sekitar 30-40 personel. Mereka masuk ke lahan kosong sebelah Wisma Mandiri dan melakukan pemantauan dari lahan rimbun oleh ilalang itu. Seorang satpam mengatakan ada pelaku yang lari ke arah gedung perkantoran di sekitar Sarinah.
  • Ada 7 korban meninggal dunia dan 2 dari kepolisian. Di RSPAD ada kondisi korban ada yang luka ringan, berat, dan kritis.

Kepolisian juga telah menggelar press terkait berita kejadian ini dan masih belum mengkonfirmasi kelompok mana yang bertanggungjawab. Sekarang masih banyak informasi yang tidak benar, mari berbagi informasi bahwa daerah kamu aman dari ancaman. Stay safe dan #prayforjakarta

Tentang Putra

Penikmat kopi

Lihat Juga

modus penipuan terbaru 2017 featured

Seram, Inilah Modus Penipuan Terbaru 2017 yang Mengincar Keluarga Anda

Nggak ada satu orang pun yang mau tertipu. Tapi banyak banget yang awalnya nggak curiga sedikit pun, akhirnya malah rugi jutaan rupiah. Karena memang di Indonesia khususnya banyak orang jahat!