Home / Berita / Review Aplikasi Evermos: Saatnya Dakwah Digital Jadi Reseller Perkuat Ekonomi Umat

Review Aplikasi Evermos: Saatnya Dakwah Digital Jadi Reseller Perkuat Ekonomi Umat

Evermos Ulasan Header

Haloo kali ini saya mau cerita agak panjang soal aplikasi yang lagi banyak dibicarain sekarang, Evermos, apalagi mau lebaran-lebaran ini. Kalau teman teman di sini ngomongin program Reseller, pasti kebayangnya adalah jadi agen atau distributor atau stokis yang harus jualan berkodi-kodi, nyetok setumpuk di Rumah.

Itu benerr, tapi itu dulu pas jaman 2010an. Di jaman sekarang, apalagi di era internet, reseller ini berubah makna jadi siapapun yang bisa jualin barang supplier atau penyedia barang atau brand, ke konsumen-konsumen, dengan sistem order langsung (biasanya lewat WhatsApp atau chat) dari reseller ke supplier, kemudian supplier lah yang langsung kirim ke konsumen! Sistem kaya gini dinamakan Reseller Dropship.

Nah kali ini saya mau mengulas dan review salah satu program aplikasi Reseller yang lagi banyak diobrolin sekarang yaitu Evermos, sebagai aplikasi untuk cari supplier dan order dropship Jualan, aplikasi ini salah satu yang lagi populer uniknya lagi, aplikasi Evermos ini mengkhususkan untuk menjual produk-produk muslim saja.

Jadi awal mulanya di saat saya sendiri sedang berasa misqin dan butuh suntikan dana… Ada bisikan dari mbah Google buat jadi reseller aja. Jadi pas saya mau cari-cari supplier jualan buat produk Ramadan, ketemu iklannya Evermos di Facebook, lalu saya tanya-tanya sama Team CS nya, responnya jelas, akhirnya saya nyoba jadi reseller di Evermos.

Kita mulai ulasan Evermos nya ya:

Konsep Program Reseller Evermos

Evermos di Google Play

Jadi apa itu reseller Evermos? pertama saya jelasin dulu dengan gampangnya program reseller Evermos ini apa.

Jadi seperti namanya, Reseller itu adalah penjual atau agen dari produk-produk langsung dari tangan pertama supplier. Jadi di Evermos kita daftar sebagai agen reseller BUAT JUALAN. Inget ya, kita di sini daftar reseller untuk yang niat buka usaha, mulai bisnis, mau sampingan jualan.

Sama kaya kita jadi agen reseller misal di ZOYA. Cuman bedanya, di Evermos itu produknya ada banyak, jadi Evermos itu wadah buat brand-brand (kebanyakan lokal Bandung), termasuk kerudung ZOYA juga, ada mukena juga, baju koko, gamis, termasuk lengkap. Yang bisa dijualin kita tinggal pilih aja, pilihnya gimana, nah ini yang sangat keren kalau kata saya, dan baru pertama di Indonesia, semua KATALOG, CARA ORDER, BAHKAN TOKO ONLINE nya, pakai APLIKASI ANDROID. Yang aplikasinya juga smooth dan bagus (kalo kata saya)

Jadi poin-poinnya rangkum konsepnya itu:

  • Program reseller Evermos ini buat yang mau jualan, atau buka usaha sebagai Reseller
  • Setelah tanya-tanya ke CSnya, Evermos ini aplikasi baru, dari Februari 2019, kantor dan gudangnya di Bandung.
  • Fokusnya produk muslim dan fashion muslim, terutama untuk Ramadan.
  • Biasanya kan reseller cuma satu brand dan satu produk, kalau di Evermos produk dan brandnya ada banyak, sudah ratusan per Maret 2019
  • Semua aktivitas reseller Evermos tinggal pakai aplikasi android atau website.
  • Brand nya macem-macem ada Zoya, Rabanni, dan produknya muslim, kaya mukena, hijab, gamis, koko, khimar, al quran digital.
  • Pengiriman di Evermos itu sistemnya dropship, jadi reseller tinggal fokus jualan, kalau ada pesanan nanti tinggal dikirim dari Evermos.
  • Harganya gimana? Harganya pakai komisi yang sudah tertera. Jadi sudah keliatan misal harga konsumen hijab Rp 100rb… harga reseller Rp 80rb… Jadi reseller kalau ngejual ke konsumen harganya 100rb, TAPI kalau order di aplikasi Evermos, bayarnya 80rb.. Jadi langsung untung 20rb (KOMISI)
  • Jadi alurnya kita daftar sebagai reseller >> download aplikasi >> dapet tuh katalognya >> mulai jualin (misal di whatsapp, sosmed) >> setelah ada order, konsumen bayar ke kita >> uang masuk ke kita, uangnya dibayarkan ke Evermos pakai harga reseller >> cuan deh.

Kelebihan Jadi Reseller Evermos

Nah ini juga yang selalu saya cecer pas nanya-nanya ke CS nya (maap yee teteh CS wkwkwkw), jadi sebagai Reseller Evermos, pasti ada kelebihannya yah dibandingkan ribuan program reseller lain. Katanya sih sudah ada 3000 lebih reseller yang sudah bergabung dalam waktu dua bulan. Buset, termasuknya tinggi banget sih. Jadi saya cobain sendiri daripada penasaran.

Yang pertama jelas kelebihan dari sisi Aplikasi, semua proses reseller tinggal klak klik klak klik aja pakai APLIKASI HANDPHONE… Mulai dari buka katalog, liat-liat foto dan download, liat-liat deskripsi dan ukuran, informasi lengkap, LANGSUNG JUALIN LEWAT WHATSAPP (betul, ada tombol yang tinggal diklik nanti otomatis kekirim ke Whatsapp donk, canggih), liat-liat harga, termasuk Pesan, isi alamat konsumen, tarik duit, dan ada satu fitur lagi yang sangat keren (saya bahas nanti di bawah)

Yang kedua, kelebihannya adalah banyak BRAND, kadang kita udah daftar jadi reseller suatu brand tapi jualannya jadi cuma itu-itu aja. Misalkan kita mau buka usaha fashion kan butuh variasi kan ya, nah di Evermos ini jualan

Yang ketiga ada komunitasnya (walopun masih pada malu malu yah keliatannya) saya liat Evermos ini selalu memberikan tips-tips di Instagram Resmi, Grup Telegram khusus reseller, grup facebook dan lain-lain. Teteh-teteh CS nya juga selalu standbay terus buat ngebantu.

Yang keempat, ini sih yang keren banget, jadi kita sebagai reseller dapet LINK buat buka TOKO ONLINE PRIBADI… Jadi kita kaya punya website sendiri, dan dikasih GRATIS. Kalau mau jualan online, konsumen ato temen-temen kita tinggal dikasih LINK nya aja. Atau Linknya juga bisa ditaroh misal di Instagram atau di Facebook.

Cara Jualan Produk Evermos

Kita sebagai reseller terus jualinnya gimana dan dimana??  Nah ini biasanya pertanyaan amatir aja sih, yang sudah sering lalu lalang di dunia perjualan pasti udah tau kalau ini sangat mirip dengan ambil barang di supplier. Jadi kita jualinnya BISA DI MANA AJA.

  • Mau beli langsung banyak, nyetok dari Evermos, dikirim ke toko sendiri di rumah? Monggo
  • Mau ngga perlu ngemodal, buka akun Instagram dan facebook untuk dijualin di internet? Boleh banget
  • Mau ditawar-tawarin ke temen dan kenalan lewat Whatsapp? Sangat disarankan karena sudah tinggal klik ajah
  • Mau dijualin lewat Shopee dan Tokopedia? Bisa banget
  • Aplikasi Reseller ini bukan kaya Shopee, Tokopedia yah.. Jadi memang ini khusus buat liat liat katalog dari supplier untuk DIJUALIN

Kalau kata tim CS nya sih sekreatifnya aja ceunah. Perlu diingat APLIKASI ini bukan kaya aplikasi ecommerce kaya Shopee Lazada dan Tokopedia yah, ini aplikasi untuk liat-liat dan order barang sebagai reseller… Jadi kaya kita ngobrol dan ambil barang dari Supplier ajah, tapi semuanya lewat aplikasi.

Order dan Pembayarannya Gimana?

Pembayaran di Evermos itu bisa dilakukan sama kita Reseller (order di aplikasi, bayarnya pakai Harga Reseller + ongkir), atau sama konsumennya langsung (order di toko pribadi, bayarnya pakai Harga Konsumen + ongkir)

Semua pembayarannya pakai Sistem semua lewat aplikasi atau toko pribadi. Nah ini juga jangan lupa, kan semua Barang dari BANDUNG yah, jadi harus sama ongkir (sekarang Evermos cm menerima JNE Regular)

Jadi sebenernya proses transaksi di Evermos BISA dilakukan dengan 2 cara:

  1. Misal Saya sebagai reseller, punya konsumen namanya Ajeng… si Ajeng ini mau beli produk yang saya tawarin ke dia lewat Whatsapp, misal mau beli Hijab 100rb. Nah, berhubung si Ajeng itu orangnya males ke ATM, jadi dia langsung kasih duit ke saya … ya sah sah aja, kan kita sebagai reseller kan PENJUAL dan harus melayani konsumen. Nah, di Evermos itu kita sebagai reseller tinggal AKSES APLIKASINYA, kemudian langsung orderkan produknya, isi alamatnya ke RUMAH AJENG. Nanti tinggal bayar aja, di sana sudah otomatis tertera HARGA RESELLER, jadi untung komisinya langsung dikurangi dari selisih. PRAKTIS!
  2. Nah yang kedua, Ajengnya tidak males ke ATM nih.. jadi dia langsung mau transaksi di TOKO ONLINE saya, jadi dari LINK itu Ajeng langsung order.. dengan HARGA KONSUMEN, yaitu 100rb… Nah Komisi kita yang 20rb gimana? Akan masuk sebagai Kredit di akun kita. Bisa diambil sebulan sekali.

Kalau cara pembayaran, secara sistem sudah lengkap, sudah ada M Banking, manual ke ATM, E Banking di semua bank bank besar seperti BRI Mandiri, BNI, BCA dan Danamon, bahkan bisa pakai Go Pay.

Kalau dari saya sekarang response penjualan terbanyak dari Instagram… jadi saya jualan lewat instagram (digabung sama jualan saya yang lain sih heheheh malas bikin akun lagi), LINK toko pribadinya saya cantumin di sana, jadi reseller tinggal langsung order.

Toko Online Pribadi

Nah ini salah satu fitur yang keren banget di aplikasi Evermos, dan kalau saya liat belum ada di program reseller lain. Seperti yang sudah saya tulis di atas, toko online pribadi ini bener-bener kita kaya punya toko online sendiri pokoknya. Kaya kita punya Lazada.

Jadi  dengan terdaftar kita otomatis punya toko online sendiri, Toko online ini kita punya LINK nya, kita yang atur produknya, kita yang atur gambar utamanya, semua kontak ke Whatsapp kita.

Produk-produknya dari mana? Produk yang kita isi dari 600+ pilihan produk Evermos, mau kita isi sesuai kesukaan kita boleh, mau kita ambil semua produk 600 600nya juga boleh. Nah, tapi toko online ini sendiri ada kekurangan dan kelebihannya kalau menurut saya:

Plusnya:

+ Sangat praktis, kita tinggal share buat isi tokonya

+ Beneran kaya punya lazada sendiri. Customer langsung order transfer beres.. ga perlu lewat kita sebagai reseller.

+ Bisa dicustom gambar utamanya, jadi lebih enak buat konsumen

Minusnya:

– Untuk isi barangnya harus satu-satu dari 600 an produk, agak cape heheeh, semoga kedepannya bisa langsung banyak

– Desainnya terlalu minimalis.. jadi ga seheboh Lazada atau sale stock (biasanya kan makin heboh makin ramai hehehe)

– Belum bisa bikin promo sendiri (kan harusnya bisa atuhhh nurunin harga sendiri buat promo)

Maen ke Kantor Evermos

Tim Evermos

Nah, karena penasaran juga. Saya juga sempet main sebentar ke kantor Evermos. Jadi Evermos ini punya kantor beneran di Kota Bandung. Katanya sih karena brand-brand muslim memang banyaknya di Bandung, paling banyak produsen brand Muslim, terutama Shafira Zoya grup, hmm make sense.

Jadi kantor Evermos ini terletak di Jalan Sampurna No.9 Bandung, deket sama rumah sakit Advent. Kantornya itu rumah ala-ala startup gitu tapi memang Evermos itu startup dan sampe artikel ini ditulis umurnya baru 4 bulan, dari November 2018. Nah di Kantor Evermos tapi di dalemnya juga ada gudang untuk kirim bajunya. Sesuai konsepnya yang dropship, di sini juga timnya lengkappp, ada tim packing juga, ada tim yang bales-balesin whatsapp reseller, ada tim marketing dan sales, dan yang penting ada tim yang bikin aplikasinya, ada juga tim partnership yang kerjasama dengan yayasan yayasan gede kaya AA Gym dan Muhammadiyah.

Kalau di kantor Evermos sih sepi sepi aja untuk reseller, tapi mereka juga ngundang reseller atau calon reseller buat main dan dapet pelatihan! Jadwalnya bisa tiap hari jam 10;. Kalau misal reseller mau kerjasama bikin rekruitasi di kota selain Bandung juga boleh katanya. Btw CEO nya masih muda, namanya Iqbal Muslimin, jadi memang cocok kalau gerak di bidang muslim.

Cara Daftar Aplikasi Reseller Evermos

Sebenernya kalau temen-temen sudah tertarik untuk jadi Reseller Evermos bisa langsung download aplikasinya aja, nanti ikuti langkah-langkah mengisi formnya, aplikasinya sangat simpel karena memang dibuat buat ibu-ibu biar mudah makenya.  Kalau masih susah juga bisa masuk ke websitenya aja di https://evermos.com (isinya sama persis)

Jadi begini cara daftar aplikasi Evermos:

  1. Download dulu Aplikasinya, ketik aja di Google Play Store,  “Evermos” atau klik DISINI
  2. Kalau ga punya atau mau buka lewat laptop juga bisa.
  3. Klik “Mulai Bergabung Menjadi Reseller”
  4. Nah di sini, temen-temen harus sudah ada nomor handphone yang WA nya aktif… tulis nomor aktifnya karena bakal jadi kode verifikasi.
  5. Klik verifikasi lewat SMS (lebih cepet), tunggu sampai SMS masuk, biasanya 30 detikan.
  6. Masukkan kode SMS dari tim Evermos, 6 digit code misal 395864 ke aplikasi atau website.
  7. Nah berikutnya muncul ini nih, FORMULIR

 

  1. Diisi sebener benernya yah, terutama KTP dan nama toko.
  2. Di bagian Kode Referral, ketik aja infashionxdsgn.0a4,  artinya teman-teman tahu dari saya di Blog ini.
  3. Di bagian Kode Promo, kosongin aja (kalau saya bilang kosongin berarti memang sedang tidak ada promo)
  4. Setelah selesai, klik  “BERGABUNG MENJADI RESELLER”
  5. Nah di sini klik teman-teman bisa langsung bayar registrasi pendaftarannya 300rb, siapin token mbanking nya ato siap ke ATM hehehe
  6. Pilih aja pembayarannya apa sesuai, Evermos ada semua ATM pakai ATM Bersama, bahkan bisa pake GOPAY
  7. Setelah pembayaran selesai, langsung klik “Mari Mulai Berikhtiar”
  8. Nah setelah itu untuk pemakaian nanti kaan langsung di followup oleh team CS dari Evermos tentang info info dan tips tips.

Yang ada kendala di registrasi bisa langsung ke Team Registrasi di 0897-8739-160 (Mas Aldi)

Program Referral Evermos dan Ajak Teman

Selain mendapatkan komisi produk, teman-teman di Evermos juga bisa mendapatkan Rp 100,000 tambahan setiap bisa mengajak teman untuk bergabung menjadi reseller.

Sesimpel mengajak aja, langsung dapat Cashback 100rb di akun Evermos. Tapi ini bukan yang ajak-mengajak kaya MLM, cuma setiap kali ajak satu orang dan ga kebawah-kebawah. Ini juga yang kata team Evermos lebih ke ucapan terimakasih karena sudah membantu orang lain juga untuk mulai membangun usaha.

Ekonomi Umat

Acara Evermos

Evermos itu katanya bakal mulai membuat satu aplikasi untuk semua kebutuhan muslim dan membantu ekonomi umat khususnya muslim di Indonesia. Pertama dari fashion, nanti bakal ada travel umroh, haji, wakaf, infaq, kosmetik halal, makanan halal dan pinjaman syariah. Sekarang sudah bekerjasama dengan Yayasan Yayasan besar muslim, brand-brand yang bekerjasama juga brand-brand “Halal”. Yayasan-yayasan itu termasuk: Daarut Tauhid AA Gym, Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah dan Baitulmaal Munzalan. Dan juga bekerjasama dengan yayasan donasi dan wakaf untuk melakukan program zakat infaq sedekah.

Jadi sesuai namanya Evermos itu bakal jadi Everyday Need for Every Moslem kalau kata kang Ilham salah satu pendirinya juga Evermos itu bakal kaya Gojek, tapi penyalurnya kalau Gojek kan driver, kalau Evermos itu reseller. Semoga Evermos cepat besar dan sukses selalu teman teman di Evermos, dan semoga membantu untuk calon reseller yang mau berjualan.

RATING EVERMOS:

Untuk Peluang Bisnis : 4 / 5 (Sangat recommended, produk sudah banyak tapi dari harga masih kurang variatif, semoga bisa diperbaiki)

Untuk Teknologi: 5 / 5, Keren banget sangat mudah dan membantu, di Indonesia kayanya belum ada yang begini

Untuk Manajemen: 5 / 5, tim di balik Evermos sangat berpengalaman dan siap

Untuk Produk: 4 / 5, produk produk bagus bagus walopun sekarang belom lengkap

Untuk Jadi Reseller: 5 / 5, salah satu program reseller yang paling bagus dan paling lengkap, termasuk juga yang PALING MURAH wkwkwkwkw cuma 300rb

Jangan lupa kalau mau daftar jadi reseller Evermos bisa hubungi 0897-8739-160 (Mas Aldi)

Tentang mocha

Lihat Juga

Kekinian 2016 Ngedab JKT48

Yang Kekinian 2016 & Trend Kekinian Berikutnya – Paruh Kedua!

Tahun 2016 sudah mencapai setengahnya, apa saja yang telah kekinian dan yang bakal diprediksi sebagai kekinian nantinya?