Home / Promoted / Pertumbuhan Ekonomi Surabaya Tinggi, Masihkah Cari Rumah?

Pertumbuhan Ekonomi Surabaya Tinggi, Masihkah Cari Rumah?

Sektor ekonomi di Jawa Timur khususnya Surabaya sekarang sedang menikmati pertumbuhan yang sedang tinggi-tingginya. Surabaya yang sekarang makin berkembang, terutama semenjak tahun 2016 karena sudah banyak bisnis yang terpusat di sini yaitu logistik, jasa dan perdagangan investasi, selain itu negara tetangga Australia juga meyakini bahwa sebagai salah satu pengimpor terbesar di Surabaya, mereka membuka kantor pusat Konsulat Jenderal baru di Surabaya. Namun apakah ini saatnya anda membeli rumah dijual di Surabaya?

Rumah Dijual di Surabaya

Salah satu sektor yang belum digali adalah properti, properti Surabaya sendiri sepertirumah dijual di Surabaya, demandnya masih rendah, yang tinggi adalah bisnis retail. Karena alasan pertumbuhan ekonomi dari berbagai bisnis seperti yang disebutkan di atas, sampai dua tahun kedepan atau 2018, Surabaya memiliki cadangan space dan tempat retail dan perkantoran baru sampai 92 ribu meter persegi, lebih besar dari kota-kota di Jawa Timur yang lainnya. Pemain besar yang sudah mengetag tempat di daerah retail surabaya adalah raksasa Properti Intiland Development, Warnawarni dan Pakuwon Jati. Lalu bagaimana dengan bisnis rumah?

Harga rumah dijual di Surabaya tergolong cukup tinggi, bahkan menurut trend sekarang, data dari rumah dot com menyebutkan kalau penjualan rumah second di Surabaya tergolong cepat dari 8 kota besar lain. Pertimbangan dari warga dan calon pembeli properti adalah faktor harga jual yang sekarang. Di Surabaya, karyawan kelas menengah dengan gaji sekitar 5 juta lebih menginginkan untuk mengontrak rumah atau mencari kost-kostan. Kondisi ini dilihat oleh para pengembang apartemen sebagai kesempatan emas. Di Surabaya demand terhadap apartemen sekarang sangat tinggi, karena salah satunya adalah harga yang murah dan memang dibutuhkan oleh para karyawan dan anak kuliah, karena notabene di Surabaya lebih menguntungkan dan berkualitas dibanding menyewa kost kostan.

Di tengah tengah ranumnya bisnis apartemen dan ruang kantor retail ini, bisnis jual rumah di Surabaya masih belum bisa menyainginya. Karena di Indonesia, data 2016 menyebutkan bahwa dengan  kenaikan 1,64 persen, Surabaya masih tergolong sebagai kota dengan kenaikkan harga rumah paling tinggi antar triwulan. Secara garis besar bahkan harga hunian akan diprediksi naik dari rata rata 10-15% setiap tahunnya! Mungkin untuk sekarang di tahun 2017, jika kamu yang sedang merencanakkan membeli rumah di Surabaya, coba siapkan budget yang lebih besar lagi, karena memang masih tinggi harga rumah di sini dibanding di kota lain.

Tentang mocha

mocha

Lihat Juga

Sewa Apartemen di Jakarta Dua

Sewa Apartemen 3 Kamar di Bandung Cocok Untuk Keluarga

shares Facebook Twitter Google+ WhatsApp LINE Jika bepergian bersama keluarga ke Bandung, maka sewa apartemen …