Home / Fakta / Seram, Inilah Modus Penipuan Terbaru 2017 yang Mengincar Keluarga Anda

Seram, Inilah Modus Penipuan Terbaru 2017 yang Mengincar Keluarga Anda

Nggak ada satu orang pun yang mau tertipu. Tapi banyak banget yang awalnya nggak curiga sedikit pun, akhirnya malah rugi jutaan rupiah. Dari dijaman yang canggih ini kayaknya modus penipuan terbaru pun makin canggih dan makin aneh-aneh. Pakai kemampuan mistik lah, lewat telepon, atau bahkan ketemu langsung aja bisa banget kena penipuan. Sebelumnya, Bentaran juga pernah mengulas modus penipuan-penipuan serupa lewat facebook.

Jadi perlu banget untuk selalu ningkatin kepekaan kita karena cara penipuan itu bisa lewat apa aja. Nggak percaya? Nih liat daftar di bawah ini.

5 Modus Modus Penipuan Terbaru

modus penipuan terbaru 2017 featured

1. Telepon Dari Luar Negeri

Modus ini termasuk modus penipuan terbaru yang banyak kealamin sama masyarakat Indonesia. Cara penipuan lewat telepon emang udah sering banget kejadian, tapi bedanya telepon kali ini datang dari nomer luar negeri atau biasanya negara Afrika dan negara bekas Uni Soviet. Misalnya negara-negara seperti Burundi (+257), Malawi (+265), Pakistan (+92), Rusia (+7), Nigeria (+234), Tunisia (+216), dan Belarusia (+375).

Nah nomer-nomer ini nantinya akan menelepon kita dengan meninggalkan panggilan tak terjawab. Dan kabarnya ketika kita menelepon balik ke nomer ini, mereka akan menyedot saldo telepon kita. Jadi tetep waspada ya, jangan sampai hal ini terjadi sama kalian!

2. Pura-Pura Ribut Di Jalan

Suka nontonin orang yang berantem di jalan? Mulai sekarang tinggalin kebiasaan ini. Karena ternyata udah ada beberapa kasus modus penipuan terbaru yang pakai skenario ini. Penipuan secara berkomplot ini biasanya berpura-pura adu mulut sampai adu jotos. Ketika ada pesepeda motor datang untuk melerai, dia akan meninggalkan motornya. Nah saat ini lah ada beberapa orang yang datang untuk merampas sepeda motor.
Perlu diingat nih ya, biasanya modus penipuan terbaru ini berlangsung pada malam hari dan di tempat yang agak sepi. Menolong orang boleh, tapi tetep waspada!

3. Orang Tua Meminta Tolong Di ATM

Cara penipuan yang satu ini tergolong ngeselin banget. Karena bikin kita mau nggak mau jadi lebih waspada untuk nolong orang. Karena cara penipuan terbaru ini memanfaatkan kelemahan orang yang udah tua, yang biasanya kita lebih luluh mengiyakan apa yang mereka minta.

Di beberapa tempat kasus ini udah pernah terjadi. Penipuan ini dilakuin sama seseorang yang udah tua yang meminta tolong kita untuk mengambilkan uang dia di ATM. Biasanya mereka meminta tolong karena mengaku nggak mengerti cara memakai mesin ATM. Nah nantinya rekaman CCTV kita yang sedang menolong ini akan mereka pakai sebagai bukti kalau kita melakukan pemaksaan mengambil uang mereka.

Duh, serem ya! Oleh karena itu kalau kita ketemu sama yang meminta tolong di ATM, lebih baik kita minta mereka untuk meminta tolong sama satpam yang ada disana.

4. Penipuan Rumah Duka

Modus penipuan terbaru yang satu ini keterlaluannya luar biasa! Karena komplotan ini manfaatin keluarga yang lagi berduka. Kewaspadaan orang yang lagi berduka biasanya emang lebih lengah. Jadi cukup gampang dimanfaatin sama orang-orang jahat.

Komplotan orang jahat ini melancarkan aksi kejahatannya secara online atau lewat telepon. Mereka akan menghubungi keluarga yang berduka dan mengaku kalau mereka adalah perwakilan dari rumah duka. Kemudian para penipu ini akan meminta uang untuk proses pemakaman.

Tips untuk menghindari modus penipuan online adalah untuk tetap tenang dan jangan terburu-buru. Pastikan kebenarannya lebih jauh dengan menghubungi nomer telepon resmi kantor atau orang yang bersangkutan langsung ya!

5. Menjanjikan Uang Berlipat Ganda Dengan Mudah

Sebenernya kasus penipuan ini udah termasuk sering. Tapi sayangnya masih banyak yang tergoda dan tertipu penipuan yang biasanya berkedok arisan, saham, atau MLM. Yang harus selalu diingat kalau bertemu orang yang menjanjikan hal ini adalah berpikir jernih.

Gini deh, kalau segitu gampangnya melipatgandakan uang, kenapa juga di dunia ini masih banyak yang miskin? Jadi jangan gampang percaya kalau ada perusahaan atau bisnis yang menjanjikan melipatgandakan uang dengan mudah.
Penipuan sebenernya bisa dihindari kalau kita tetap tenang. Kalau kita nemu kejadian yang ciri-cirinya mirip dengan

penipuan, jangan langsung tergiur dan terburu-buru. Tetap tenang dan berpikir jernih. Kalau perlu, obrolin sama kerabat kita apa yang kita alamin. Dengan gitu mereka bisa bantu kita untuk berpikir jernih.

Dan satu lagi yang perlu diinget, jangan langsung percaya sama mantan yang udah lama nggak ada kabar dan tiba-tiba ngehubungin. Bisa jadi mereka cuma mau nawarin MLM.

Tentang mocha

mocha

Lihat Juga

06.

Fakta Menarik Kemerdekaan Indonesia

shares Facebook Twitter Google+ WhatsApp LINEMerdeka!!, Bulan Agustus merupakan Bulan dimana Indonesia merdeka dari para …