Home / Gaya Hidup / Film Indonesia yang Mendunia yang Paling Recommended!

Film Indonesia yang Mendunia yang Paling Recommended!

Sekarang ini kita patut berbangga, karena karya seni dari anak bangsa terus dapet perhatian dunia. Buktinya nggak sedikit film Indonesia yang mendunia, yang dapet penghargaan skala internasional. Ini artinya seni perfilman Indonesia nggak bisa dianggap remeh! Dan nggak hanya sekedar mengejar penghargaan, dengan nama Indonesia bergaung di luar negeri, artinya Indonesia juga turut diperkenalkan. Hal ini tentu menguntungkan banyak aspek, salah satunya di bidang pariwisata. Bener nggak?

Nah, udah tau belum film-film Indonesia yang udah berhasil mendunia? Coba deh cek daftar film di bawah ini. Walau sebenarnya ini cuma beberapa. Masih banyak lagi film Indonesia yang mendunia loh!

8. Merantau (2009)

Merantau Film Indonesia yang Mendunia Penghargaan

Sebelum akhirnya berhasil dengan film The Raid, aktor, guru dan olahragawan silat Iko Uwais udah pernah berperan dalam film keren yang satu ini loh. Film yang mengangkat tradisi masyarakat Minangkabau ini sangat menarik dan terlebih lagi film berlatar budaya ini menjadi Film Indonesia yang mendunia. Menurut masyarakat Minangkabau, seorang anak laki-laki harus merantau ke kota besar dan mencari eksistensi diri. Nah dari sinilah kisah Iko yang jago silat ini dimulai. Film ini murni merupakan film laga, silat minangkabau diperlihatkan dengan indah dan detil  yang akhirnya membuat para antusias film laga dan martial arts di dunia mulai mengenal Iko Uwais dan sang sutradara Gareth Evans.  Nggak main-main, film ini berhasil mendapatkan Jury Award for Best Film di ajang penghargaan Action Fest di North Carolina.

7. Daun di Atas Bantal (1998)

Daun di Atas Bantal Film Terbaik

Kita semua pasti setuju kalau Christine Hakim adalah salah satu aktris terbaik dari Indonesia. Buktinya lewat film ini dia berhasil dapet penghargaan Best Actress di ajang penghargaan Asia-Pacific Film Festival. Nggak cuma itu, Daun Di Atas Bantal juga berhasil meraih Best Movie di ajang penghargaan yang sama. Tapi sayangnya, film yang bercerita tentang seorang ibu dengan tiga anak jalanan ini kurang diminati oleh masyarakat Indonesia.

6. The Witness (2012)

The Witness Film Indonesia Mendunia

Berani nonton film bergenre thriller? Kalau berani mungkin kamu juga udah pernah nonton film Indonesia yang mendunia yang satu ini. Film yang disutradarai sama Muhammad Yusuf ini sangat sukses di Filipina loh! Bahkan film yang dibintangi sama Gwen Zamora dan Pierre Gruno ini tayang secara komersil dan dapet nilai A dari Dewan Pengembangan Film Filipina. Luar biasa!

5. Berbagi Suami (2006)

Berbagi Suami Indonesian Movie Love for Share

Ya, film yang disutradarai sama Nia Dinata ini bercerita tentang wanita-wanita yang dipoligami. Nggak hanya mengangkat isu menarik, Berbagi Suami juga bertabur pemain film top Indonesia. Selain berhasil memenangkan kategori Best Feature Film di Festival Film International Hawaii, Berbagi Suami juga dirilis di luar negeri dengan judul Love For Share. Keren banget ya..

4. Modus Anomali (2012)

Modus Anomali 2012 Indonesia film mendunia

Waduh, ternyata liburan bisa jadi petaka! Film Modus Anomali ini bercerita tentang seorang suami yang mencari keluarganya karena terpisah saat berlibur di hutan. Film arahan Joko Anwar ini patut diacungi jempol. Karena karya seni arahan Joko Anwar, dengan judul internasional dengan nama Ritual ini berhasil dapetin Bucheon Award dari Network of Asian Fantastic Film.

3. Laskar Pelangi (2008)

Laskar Pelangi Film Indonesia Internasional

Masih ingat sama Lintang dan kawan-kawan? Kalau di film Pasir Berbisik kita bisa lihat keindahan Gunung Bromo, di film ini kita bisa puas banget lihat keindahan Pulau Belitung. Film yang diangkat dari buku karangan Andrea Hirata ini selain mampu masuk nominasi kategori Best Movie di Berlin International Film Festival, Laskar Pelangi, atau dikenal dengan judul The Rainbow Troops juga mampu bawa pulang penghargaan dari International Festival of Films for Children and Young Adults. Wow!

2. Pasir Berbisik (2001)

Pasir Berbisik Indonesian Movie

Film apik yang diperanin sama Dian Sastro, Christine Hakim, dan Slamet Rahardjo ini juga berhasil meraih perhatian dunia. Nggak hanya menonjolkan kemampuan acting yang keren, Pasir Berbisik juga menampilkan kecantikan alam Gunung Bromo yang aduhai. Makanya nggak heran kalau karya arahan Nan Achnas ini berhasil boyong Best Cinematography Award di ajang penghargaan Asia-Pacific Film Festival.

1. The Raid (2011)

The Raid Redemption Movie Indonesia International

Kayaknya semua orang juga udah pada tau ya sama film keren yang satu ini. Film karya Gareth Evans ini jadi salah satu film Indonesia yang berhasil bawa penghargaan skala internasional terbanyak sampai saat ini. The Raid diantaranya berhasil dapat penghargaan dari Toronto Internasional Film Festival, Festival Internasional Dublin Jameson, dan 28th Imagine Film Festival. Dan yang lebih hebat lagi, The Raid jadi film Indonesia pertama yang berhasil masuk Box Office America Serikat. Keren banget!

Tentang mocha

Lihat Juga

makanan perayaan imlek di indonesia featured

6 Makanan yang Identik Dengan Perayaan Imlek di Indonesia

Tahun Baru Imlek juga menyajikan beragam macam jenis makanan tradisional yang wajib ada saat perayaan, apa saja sih?