Home / Gaya Hidup / 6 Makanan yang Identik Dengan Perayaan Imlek di Indonesia

6 Makanan yang Identik Dengan Perayaan Imlek di Indonesia

Perayaan Imlek selalu identik dengan berkumpulnya seluruh anggota keluarga, maka sudah tentu di dalam setiap acara keluarga ada makanan-makanan yang khas untuk yang disajikan. Di Hari Raya Imlek semua keluarga besar berkumpul di rumah yang dituakan untuk menikmati jamuan khusus makanan imlek dan sembahyang. Berikut ini Bentaran akan coba bahas 6 Makanan yang identik dengan perayaan imlek di Indonesia:

6. Kue Keranjang

Makanan Imlek Kue Keranjang Indonesia

Sudah pernah merasakan kue keranjang yang lengket dan manis? Kue Keranjang ini mirip teksturnya seperti dodol yang sering kita jumpai di toko-toko kue biasa, namun Kue keranjang ini punya peranan penting di Hari Raya Imlek. Kue keranjang atau nian gao ini memiliki arti tahun yang lebih sejahtera. Makanya kue keranjang selalu ada saat sembahyang dan jamuan makanan Imlek. Biasanya kue keranjang akan disusun di atas kue mangkok warna merah. Harapannya adalah setiap orang bisa memiliki kehidupan yang manis dan menanjak.

5. Jeruk Mandarin

Jeruk Mandarin Imlek Makanan Indonesia

Saat perayaan Imlek, buah jeruk Mandarin ini pasti banyak dijual oleh toko-toko buah. Tak lengkap rasanya jika perayaan Imlek tidak menyajikan jeruk mandarin. Biasanya jeruk Mandarin yang disajikan adalah jeruk yang masih memiliki daun pada tangkainya. Warna kuning keemasan pada jeruk mandarin ini memiliki symbol kemakmuran dan kekayaan yang akan selalu tumbuh.

4. Teh Telur

Teh Telur Makanan Imlek 2017

Teh? Telur? Ya kamu nggak salah baca kok, ini adalah Sajian yang paling khas yang nggak pernah absen saat Imlek. Telur yang direbus dengan kecap asin dan teh ini punya rasa unik. Rasanya mirip dengan telur coklat yang punya rasa manis dan gurih ini enak banget walaupun cuma dicemilin aja. Tapi tahu nggak sih kalau ternyata telur teh ini punya arti khusus? Teh telur ini dipercaya akan mendatangkan kesuburan.

3. Manisan Segi Delapan

Manisan Segi Delapan Makanan Imlek

Manisan yang berada di kota segi delapan juga hadir saat Imlek, manisan segi delapan ini dikenal sebagai “tray of happiness”. Sesuai dengan namanya manisan segi delapan mengandung banyak makna. Misalnya biji teratai yang melambangkan kesuburan dan leci sebagai lambang keluarga yang kuat. Selain itu angka delapan juga menjadi angka keberuntungan yang dipercayai oleh orang Tionghoa. Walaupun sebenarnya makanan ini juga sering kita lihat di toko-toko buah yang menjual manisan namun kalau pada saat menjelang imlek penjualannya bisa meningkat pesat.

2. Yee sang

Yee Sang Makanan Imlek Khas

Yee Sang merupakan salad berisi ragam sayur berwarna-warni dan ikan mentah, biasanya salmon, yang ditambah dengan saus plum serta rempah-rempah. Yee sang diaduk bersama-sama dengan sumpit. Menurut kepercayaan, semakin tinggi sumpit diangkat akan semakin besar kemakmuran yang datang.

1. Kue Mangkok

Fa Gao Makanan China

Kalo kue keranjang mungkin sering kita dengar namun kue mangkok? Ya sebenarnya kue mangkok ini bukanlah sesuatu yang baru atau hanya ada saat imlek saja. Namun pada dasarnya makanan imlek ini seperti kue Bolu yang berwarna merah. Kue mangkok ini akan berdampingan dengan kue keranjang. Kue mangkok warna merah ini melambangkan rezeki yang akan selalu mekar sepanjang tahun. Diharapkan tahun baru akan memberikan rezeki baru yang berlimpah dan tak terputus sepanjang tahun. Selain kue mangkok masih ada kue-kue Imlek lain yang ikut meramaikan Imlek.

Sebelum menjamu keluarga di rumah, tentunya kita sering kali direpotkan dengan kegiatan bersih-bersih rumah. Nah untuk itu sekarang ini ada solusi mudah dari KliknClean order yang menawarkan jasa professional untuk membersihkan rumah dan apartemen kamu. Kamu tidak perlu menunggu lama untuk menikmati jasa ini, cukup klik melalui aplikasi atau website, rumah anda pun akan segera di bersihkan oleh tenaga-tenaga professional dari KliknClean.

Keuntungan lain yang akan kamu dapatkan lainnya adalah rumah & kamar kamu akan terlihat rapi layaknya hotel bintang lima. Dengan pelayanan kebersihan yang telah di standarisasi yang tentunya akan menjamin konsistensi pelayanan yang diberikan, dan yang paling penting harga nya nggak akan bikin kantong kamu bolong yakni hanya 40rb per dua jam!

Tentang mocha

mocha

Lihat Juga

2256027youtubeid2780x390

10 Youtuber Indonesia dengan Followers Terbanyak!

Hayo ngaku, siapa yang kerjanya ngabisin kuota mulu buat nonton Youtube?