Home / Fakta / Mengenal Klub Gaib para Musisi, Klub 27

Mengenal Klub Gaib para Musisi, Klub 27

Klub 27” atau 27  Club adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada banyaknya musisi terkenal yang meninggal di usia 27 tahun, musisi itu sering kali meninggal karena efek dari penyalahgunaan obat-obatan ataupun alkohol, ataupun tindak kekerasan seperti pembunuhan ataupun bunuh diri.

Istilah ini berkali-kali digunakan oleh majalah musik, jurnalis dan koran, selain itu beberapa novel, film dan pertunjukan yang menggunakan istilah ini, hal ini berakibat banyak orang yang percaya bahwa klub tersebut nyata, walaupun studi ilmiah yang dilakukan gagal untuk menemukan pola mengenai “klub 27“.

Studi menunjukan bahwa tokoh-tokoh yang dianggap masuk ke dalam “klub 27” hanya kebetulan saja berusia 27 ketika meninggal.

Asal Mula Klub 27

Terdapat kematian empat nama musisi terkenal yang dianggap sebagai asal muasal klub ini terbentuk, yaitu Brian Jones, Jimi Hendrix, Janis Joplin dan Jim Morrion. Keempat musisi ini meninggal di umur 27 dalam kurun waktu tahun 1969 dan 1971, Kebetulan itu menimbulkan spekulasi dan komentar dari banyak orang.

Kematian Kurt Cobain, dua setengah dekade kemudianlah yang membuat orang-orang mempercayai keberadaan “klub 27”.  Pernyataan dari Ibunda Kurt Cobain mengenai kematian anaknya turut membentuk persepsi publik mengenai keberadaan klub ini.

 

Anggota Klub

Klub 27
Beberapa Anggota dari “Klub 27”

Salah satu anggota terbaru yang dianggap sebagai bagian dari keluarga klub adalah aktor muda bernama Anton Yelchin, pemeran Chekov pada reboot Star Trek. Ia meninggal pada 19 Juni 2016 pada usia 27 Tahun 100 hari karena kecelakaan mobil.

Anggota lainnya yang cukup terkenal adalah Amy Winehouse, musisi dan penulis lagu ini meninggal pada usia 27 tahun 312 hari karena keracunan alkohol. Jim Morrison, vokalis band The Doors meninggal karena kegagalan fungsi jantung meninggal pada usia 27 tahun 207 hari.

Jimi Hendrix meninggal pada usia 27 tahun 296 hari, sedangkan Kurt Cobain meninggal pada 5 April 1994 karena bunuh diri. Kematiannyapun penuh dengan teori konspirasi yang menyatakan bahwa ia sengaja membunuh dirinya untuk bergabung dengan klub ini. Dilansir dari wikipedia, Fakta dari penelitian statistik tidak benar-benar menunjukkan pola tertentu dari kematian ini, karena jika dibandingkan dari rentang usia kematian bintang pada 25 sampai 32, hanya ada kenaikan kecil. Namun BMJ menunjukkan bahwa musisi muda memang lebih punya rasio kematian lebih tinggi daripada kelompok muda lainnya. Ketenaran dijelaskan sebagai salah satu faktor pendorong resiko kematian pada para musisi, namun tidak hanya terbatas pada usia 27 saja.

Apakah benar bahwa 27 Club itu ada? Atau Cuma rekaan banyak orang?

 

Tentang Gilang Putra

Lihat Juga

modus penipuan terbaru 2017 featured

Seram, Inilah Modus Penipuan Terbaru 2017 yang Mengincar Keluarga Anda

Nggak ada satu orang pun yang mau tertipu. Tapi banyak banget yang awalnya nggak curiga sedikit pun, akhirnya malah rugi jutaan rupiah. Karena memang di Indonesia khususnya banyak orang jahat!