Home / Gaya Hidup / Sejarah Tercipta Kerja 8 Jam Sehari

Sejarah Tercipta Kerja 8 Jam Sehari

Kerja 8 jam sehari
Mengapa banyak pekerja yang kerja 8 jam sehari? Bahkan masih banyak yang lebih lama dari itu, belum hitungan lembur karena pekerjaan belum selesai atau mengincar duit lembur atau mungkin hukuman dari bos-bos kamu gak boleh pulang sampai pagi karena ulah kamu di kantor. Singkatnya pada jaman revolusi banyak perusahaan yang menginginkan jumlah produksi dan pendapatan yang lebih dan meningkat setiap harinya. Maka pabrik-pabrik pada jaman dahulu memperkejakan buruh dengan waktu 10 sampai 16 jam sehari.

635983704507101408-252708351_work
Pada tanggal 1 Mei 1886, buruh di Amerika Serikat memprotes jam kerja tersebut karena dirasa melelahkan bekerja selama 10 sampai 16 jam sehari. Mereka menuntuk 8 jam bekerja, 8 jam istirahat, dan 8 jam untuk rekreasi atau bersenang-senang dalam sehari. Sampai akhirnya di tanggal 1 Mei dijadikan hari buruh tetap sampai ke seluruh dunia.

 

Protes buruh untuk kerja 8 jam sehari ini membuahkan hasil, meskipun baru perusahaan Ford yang mengaplikasikan jam kerja tersebut kepada pekerjanya. Namun siapa sangka perusahaan Ford ketika menerapkan jam kerja tersebut membuat pekerjanya menjadi sangat produktif dan perusahaan pun mendapatkan untung yang sangat besar, dan akhirnya sistem kerja 8 jam sehari ini diikuti oleh perusahaan lainnya.

Unexpected Numbers

Tetapi masih banyak perusahaan yang tidak menggunakan metode ini, seperti di Jepang yang menuntut pekerjanya bekerja lebih dari 8 jam sehari. Atau di Indonesia juga masih banyak yang bekerja lebih dari 8 jam, berangkan jam 8 pagi pulang jam 5 sore atau bahkan pulang sampai jam 8 malam karena masih ada rapat yang harus di selesaikan. Akibatnya banyak orang yang mengalami stress karena terlalu lama bekerja yang berakibat tidak lagi produktif dalam bekerja, serta banyak juga yang tidak mempunyai keturunan karena kehabisan waktu dalam bekerja.

 

Jadi kalian bekerja atau dikerjain oleh kerja 8 jam sehari? Pintar-pintar memilih pekerjaan dan juga mengatur waktu sendiri, agar sehat selalu, bahagia bersama keluarga, serta selalu aman dan nyaman.

Kerja 8 jam sehari
Source img: google image (www.psychologytoday.com)
Reference: kokbisachannel.wordpress.com

Tentang Herin Damara

Lihat Juga

10 Youtuber Indonesia dengan Followers Terbanyak!

Hayo ngaku, siapa yang kerjanya ngabisin kuota mulu buat nonton Youtube?