Home / Gimana Nih? / Cara Melindungi Diri Dari Artikel Hoax di Sosmed

Cara Melindungi Diri Dari Artikel Hoax di Sosmed

Artikel hoax begitu banyak kita temui di sosial media (sosmed) yang kita gunakan karena saat ini sedang terjadi ‘tsunami informasi’, yaitu keadaan dimana begitu banyak informasi yang beredar sehingga menyebabkan diri sendiri tidak mampu dan bingung untuk memilah mana informasi yang bisa dipercaya, mana yang tidak.  Artikel Hoax ini merupakan artikel-artikel yang palsu dan bisa sengaja ataupun tidak sengaja diedarkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Tujuan orang membuat artikel hoax adalah untuk sekedar iseng, kepentingan golongan ataupun penggiringan opini. Namun artikel-artikel ini benar-benar berbahaya.

Lantas bagaimana kita menghindar dari artikel hoax di sosmed? berikut ini beberapa tips yang bisa kalian coba.

5. Jangan terlalu mudah sharing artikel bombastis

menghindari berita hoax

Kontrol diri itu penting, termasuk perilaku untuk tidak menyebarkan dengan segera sebuah kabar bombastis. Ketika kau menerima  artikel tersebut, ada baiknya kamu baca sampai selesai. Artikel hoax biasanya tidak konsisten, terkadang isi setiap paragraf bisa saling membantah satu sama lain. Setelah kamu pahami isinya, baru kamu boleh memutuskan akan membagikan artikel tersebut atau tidak.

4. Tema favorit artikel hoax biasanya mengenai agama, keyakinan dan isu SARA

02.

Tema-tema tersebut merupakan tema yang favorit, hal ini dikarenakan Masyarakat Indonesia mudah terpancing jika isu-isu tersebut dipermainkan. Jangan mudah percaya jika menemukan sebuah artikel yang menyudutkan salah satu pihak ataupun mengaggung-agungkan salah satu pihak, karena itu bisa jadi artikel hoax untuk kepentingan propaganda.

3. Cari di Google

artikel hoax google

Merasa aneh atau janggal dengan artikel yang kamu baca? Coba Google saja dahulu untuk mencari informasi tambahan yang ada. Jangan sampai kamu di cap orang bodoh dan tidak hati-hati karena menyebarkan berita yang tidak jelas kadar kebenarannya.

2. Pastikan kredibilitas artikel

04.

Kalian harus mengetahui siapa yang membuat artikel tersebut, apakah si penulis memiliki rekam jejak yang baik dalam menulis, apakah dia malah seseorang yang sering menulis artikel-artikel kontroversial?

Perhatikan pula dimana artikel tersebut diterbitkan, apabila artikel itu berasal dari sebuah blog personal, patut kamu curigai keasliannya, jangan-jangan itu berita hoax. Begitu pula jika berasal dari website-website tertentu, ada beberapa website yang memang dibuat sebagai media propaganda isu-isu tertentu.

Ingat, artikel yang disebarkan oleh media-media onlinepun belum tentu bisa kamu pecaya, karena sering kali penulis berita tersebut belum melakukan konfirmasi ulang atas informasi yang mereka dapatkan.

1. Pilih sumber yang terpercaya

05.

“Terpercaya” yang dimaksud disini adalah keterangan resmi pemerintah, atau perusahaan. Ucapan yang berasal dari pejabat pemerintah pusat ataupun daerah, keterangan yang berasal dari lembaga-lembaga independen yang terjamin kredibilitasnya.

Teliti pula latar belakang si penulis informasi, apakah mereka memiliki pendidikan atau pengalaman yang sesuai dengan apa yang mereka tulis atau informasikan.

Selalu berhati-hati jika mendapatkan informasi yang bersumber dari pengalaman pribadi, karena sulit membuktikan kebenarannya.

menghindari artikel hoax
Salah satu hal yang bisa menjadi acuan apakah berita itu asli apa palsu. Kamu juga harus menguji keaslian gambar yang digunakan, cara mudahnya adalah dengan menggunakan Google. Coba kamu search gambar yang digunakan untuk melengkapi artikel tersebut.

Google akan menunjukan hasil yang menyerupai gambar tersebut, jangan-jangan foto yang digunakan adalah stock foto atau foto-foto yang sama sekali tidak memiliki korelasi dengan artikel yang ditulis. Intinya? Pastikan kalian bersikap cerdas dan bijak dalam menanggapi artikel yang beredar di sosmed, karena tidak semua artikel itu benar dan tidak semuanya itu salah.

Tentang Gilang Putra

Gilang Putra

Lihat Juga

096623200_1446633658-673x373-B

Tempat-tempat yang Bisa Kamu Kunjungi Selagi Bokek

Lagi bokek tapi bosen di rumah? Simak yang satu ini!