Home / Teknologi / Pokemon Go: Panduan Lengkap Menangkap Pokemon & Melempar Jitu!

Pokemon Go: Panduan Lengkap Menangkap Pokemon & Melempar Jitu!

Tips Panduan Menangkap Pokemon Go

Popularitas  Permainan Pokemon Go masih terus berlanjut, game iPhone dan Android ini sudah pasti kamu sering lihat di sosial media seperti Facebook, Twitter, LINE dan BBM, bahkan teman kerja dan sekolah kamu semuanya jadi ngomongin itu. Menangkap Pokemon adalah salah satu inti utama dalam permainan ini. Sudah dipusing-pusing mencari Pokemon dengan keliling komplek, ketika kamu sudah berhadapan dengan Pokemon, kamu bingung bagaimana cara melempar bola dan menangkapnya, apalagi ketika kamu bertemu dengan Pokemon langka!

Pokemon Go, seperti permainan dan game Pokemon lainnya, semuanya tentang menangkap Pokemon. Tentu saja masih banyak fitur penting lain seperti mencari dan menemukan PokeStop, bergabung dengan tim dan memoto-motoin untuk pamer, tapi pada akhirnya, untuk menjadi Pokemon Master artinya adalah menangkap semua Pokemon! Berikut adalah panduan lengkap dan tips-tips untuk mendapatkan Pokemon.

Cara Menemukan Pokemon Dengan Mudah

Mencari Pokemon di Pokemon Go

Paling mudah? Pakailah item yang kamu dapatkan dari PokeStop yaitu Lure Module dan Incense. Dua duanya mendatangkan Pokemon ke PokeStop kamu dengan Lure Module, dan ke dekat kamu dengan Incense. Jadi kamu tinggal ongkang-ongkang kaki selama 30 menit dan Pokemon akan datang sendiri.

Tapi jelas nggak seru kalo kamu tidak jalan-jalan mencari-cari seperti Pokemon Master sejatinya, karena ini memang nilai jual paling tinggi untuk Pokemon Go. Namun mencari Pokemon di luar rumah butuh kesabaran yang tinggi. Akan ada penunjuk di layar kanan bawah, dengan siluet Pokemon dan jejak sebagai penandanya. Siluet adalah tentang Pokemon apa yang ada disitu dan jejak adalah seberapa jauh Pokemonnya. Jika kamu lihat baik-baik di peta, maka akan ada rumput yang bergoyang, jangan ditanya rumput yang bergoyang, namun disitulah letak Pokemon yang muncul di menu kamu dan yang hendak kamu tangkap.

Berikut adalah panduan untuk menemukan Pokemon dengan mudah di peta, sepertinya yang dilansir dari seorang pengguna dan pemain Pokemon Go di forum Reddit:

Panduan Mencari Pokemon Menangkap Pokemon Go Peta

Tips Mencari Pokemon:

  1. Tentukanlah target Pokemon yang akan kamu tangkap.
  2. Perhatikan baik-baik jumlah jejak yang tertera di situ, apakah tiga, dua atau satu. Tiga berarti masih jauh, satu berarti sudah dekat.
  3. Mulailah berjalan. Jika jumlah jejaknya naik, kamu harus berbalik (berputar 180 derajat dari arah kamu) dan berjalanlah sampai jejaknya turun lagi.
  4. Setiapkali jumlah jejaknya turun, catat dan ingat baik-baik lokasi kamu sekarang, teruslah menuju titik A.
  5. Setiapkali jumlah jejaknya naik, catatlah dimana titik B.
  6. Berjalanlah menuju tengah-tengah titik A dan B, hadaplah kiri atau kanan (berputar 90 derajat), maka kamu sekarang sedang berjalan menuju target Pokemonnya atau menjauhinya. Kalau memang jumlahnya naik, kembalilah ke titik C tersebut, maka kamu sedang berjalan menuju target dengan benar!

Jadi dengan berjalan menuju semak-semak dan juga dengan panduan jejak, maka kamu akan menangkap Pokemon kamu. Jika sudah dekat, maka si Pokemon akan muncul di peta dan kamu tinggal mengkliknya!

Panduan Mendapatkan Pokemon

Dalam Pokemon Go, menangkap lebih susah dan unik dari biasanya, intinya adalah kamu harus memiliki timing dan bidikan yang jitu, karena pertempuran menangkap Pokemon adalah soal menggerakan jari untuk melemparkan PokeBall.

Anggap saja kamu sudah mengerti cara mencari Pokemon dan sudah bertatap muka dengan Pokemon dan masuk ke layar menangkap dengan bola PokeBall. Kamu sudah berhadapan dengan si burung Pidgey sekarang, apa yang harus Saya lakukan? Terlihat mudah memang, karena kamu tinggal menyentil jari saja, atau kelihatannya memang begitu.

Untuk menangkap Pokemon kamu perlu memperhatikan Lingkaran berwarna yang mengelilingi Pokemon, lingkaran yang tersedia ada warna hijau (yang paling mudah ditangkap), orange (yang agak susah ditangkap) dan merah (yang paling susah).

Ketika akan menangkap, lingkaran tersebut bergerak terus dari paling besar ke kecil, makin kecil lingkarannya, makin mudah mendapatkan Pokemon tersebut. Pada kasus lingkaran hijau, yang beginian tidak terlalu berpengaruh. Kamu haruslah fokus pada lingkaran jika sudah bertemu Pokemon dengan lingkaran orange atau merah, biasanya Pokemon langka dan dengan CP tinggi.

Game ini akan memberi kamu hadiah XP tambahan jika mendapatkan lemparan “nice” atau “great” tergantung lingkarannya, tapi tidak semua lingkaran sangatlah sempurna sesuai ekspektasi kamu. Terkadang PokeGo melemparkan bolamu secara melengkung sepertinya secara acak, seperti tendangan lengkung Beckham. Tapi tidak berarti kamu tidak bisa menangkap Pokemon dengan bola lengkung curveball, bahkan kamu mendapat XP tinggi jika berhasil! Berikut adalah langkah-langkah panduan menangkap Pokemon dengan tepat:

1. Santailah

Panduan Menangkap Pokemon Dengan Mudah

Awal-awal bertemu Pokemon biasanya adrenalin kamu memuncak dan deg-degan cemas bisa ketangkap atau nggak, terutama jika Pokemonnya langka. Namun yang paling tenang adalah ini: Tenang dan rileks!

Karena pada awal, Pokemon tidak akan kemana-mana ataupun kabur dan bahkan kamu bisa screenshoot dulu buat pamer-pamer. Sampai kamu mencoba melempar bola, maka mereka sudah punya kesempatan lari. Jadi tenanglah dulu sebelum melempar Pokeball.

2. Tebaklah jarak kamu dengan Pokemon

Saat melihat Pokemon liar di peta, maka kamu akan tahu jarak di peta seberapa. Ketika kamu sudah mengekliknya, maka jarak yang tadi akan mempengaruhi jarak penangkapan yang kelihatan di layar melemparnya. Tergantung seberapa dekat dan jauh, jarak pelemparan ini agak menyusahkan bagi para pemula. Kalau dekat-jauh bisa dilihat si ukuran Pokemonnya jadi lebih besar atau lebih kecil.

Menggeser jari dengan lembut atau kasar, cepat atau lambat menuju target akan mempengaruhi tenaga lemparanmu. Jadi intinya adalah seberapa kencang dan tepat lemparan kamu terhadap jaraknya. Memang perlu banyak latihan untuk menyesuaikan ini.

3. Letakkanlah Kamera kamu di tengah Pokemon

Pokemon Go Jarak Lempar Dekat

Tidak peduli seberapa besar atau kecil Pokemonnya muncul, usahakanlah untuk menghadapkan kamera ke tengahnya. Karena akan lebih mudah untuk membidik jika kamu melempar. Tidak ketinggalan dianjurkan untuk mematikan AR Mode agar bisa membidik dengan jelas.

Setelah sudah ditengahkan, stabilkan tangan kamu. Jangan sampai hape kamu ikutan gerak ketika kamu menyentilkan jari, karena Pokemonnya juga akan bergeser jika handphonenya bergeser.

4. Lempar PokeBall!

Untuk melempar PokeBall dengan benar, pertama tekan dan tahan bolanya sampai melihat lingkaran putih yang bergerak di Pokemon, maka akan muncul lingkaran merah atau orange atau hijau seperti yang dijelaskkan di atas. Kalau lingkarannya sudah lumayan kecil, sentil ke atas dengan lembut atau dengan sedikit tenaga, tergantung seberapa jauh Pokemonnya. Tapi yang jelas jangan menyentil terlalu kasar.

5. Pokemon Juga Bisa Menolak

Jika Pokemon melakukan gerakan seperti menyerang, maka mereka sedang mengelak dari lemparan kamu, gerakan ini sangat acak tapi ada polanya, jadi jangan melempar ketika mereka sedang menggerakan tubuh karena cuma membuang-buang bola. Tebaklah pola kapan mereka akan bergerak sebelum melempar. Selain dapat mengelak, mereka juga bisa gagal tertangkap setelah masuk bola. Parahnya lagi, setelah keluar dari bola mereka bisa kabur cepat atau dengan status runaway.

Jika bola kamu sudah habis juga kamu (tentu saja) tidak bisa menangkap lagi, yang kamu bisa lakukan hanya lari atau run dari layar. Maka tetaplah awasi stok bola kamu sekarang sebelum melempar.

6. Lemparan khusus berputar spin untuk Curve

Ada salah satu cara yang cukup tricky untuk melempar bola lengkung atau curve throw yang bisa dikontrol! Caranya yaitu dengan meletakan pokeball dan jari di sisi layar kanan atau kiri kemudian putar putar dulu jari kamu di ujung bola, maka bola akan berputar di tempat dan berwarna menyala terang-terang.

Jika sudah menyala terang-terang maka saat itulah kamu akan dapat melemparkan bola lengkung. Bola ini alurnya akan melengkung ke arah sebaliknya, maka kamu harus bisa mengira-ngira bagaimana bola itu akan tepat ke tengah. Cara ini sangat butuh latihan banyak. Kenapa harus menggunakan bola lengkung? Karena dengan lemparan curve kamu juga akan mendapatkan bonus XP tambahan. Lumayan kan?

BACA JUGA: Istilah yang Harus Kamu Tahu di Pokemon Go

Menangkap Pokemon Langka di Pokemon Go

Pokemon Go Pokemon Langka Panduan Mencari

Sudah hafal cara menangkap Pokemon sekarang? Tunggu, masih ada tantangan lebih berat! Pokemon yang kamu temui mungkin itu-itu saja seperti “burung terus” Pidgey atau “tikus terus” Ratatta. Dikarenakan memang ada persentase khusus dalam kemunculan Pokemon-Pokemon jenis tertentu, dengan Pokemon berkualitas dan disebut Pokemon Langka atau Rare Pokemon. Pokemon langka disini merupakan Pokemon yang penampilannya sangat jarang di peta-peta dan muncul secara spesifik di tempat tertentu.

Karena sampai sekarang belum ada definisi jelas dan resmi tentang daftar Pokemon Langkanya, para pengguna dan pemain Pokemon Go telah merangkum sendiri yang terdaftar sebagai Pokemon langka yaitu: Charizard, Ditto, Omastar, Charmeleon, Dragonair, Muk, Vaporeon, Machamp, Ivysaur, Blastoise, Nidoqueen, Nidoking, Vileplume, Poliwrath, Alakazam, Weepinbel, Victreebel, Slowbro, Marowak, Lickitung, Weezing, Magmar, Tauros, Gyarados, Lapras, Dragonite dan Sandslash.

Pokemon langka juga memiliki CP yang cenderung lebih tinggi dari Pokemon biasa, jadi selain memang bahan koleksi, Pokemon langka akan sangat membantu pertempuran kamu di Gym.

Bagaimana cara menemukan Pokemon Langka?

Sampai sekarang belum ada daftar penuh atau master list yang beredar tempat-tempat menemukan Pokemon Langka. Para pengguna yang telah menemui berbagai macam spesies mereka percaya bahwa sebenarnya Pokemon langka bisa ditemukan dimana saja, bahkan jika kamu pakai Lure atau Incense dari rumah kamu.

Karena memang persentase kemunculannya sangat rendah, menemukan Pokemon Langka di Pokemon Go jadi tergantung hoki-hoki kamu saja sekarang. Tentu saja kalau kamu belum pernah bertemu, cara paling mudah mengenalinya jika kamu mencari sambil jalan-jalan, adalah siluetnya yang masih abu-abu (terutama kalau kamu belum hafal jenis jenis monsternya).

Yang namanya “Pokemon Langka” juga dipahami sebagai “Pokemon yang Kuat” oleh beberapa pemain, semisal yang Pokemon biasa yang memiliki CP tinggi sampai 3 kali lipat rata-rata CP Pokemon yang biasa ditangkap dari level kamu. Karena cara mendapatkannya sama-sama sangatlah susah.

Bagaimana cara menangkap Pokemon Langka dan Tips Menangkapnya

Tips Menangkap Pokemon Langka

Jika kamu sudah menemui seekor Pokemon langka di peta, jangan gembira dulu, karena masalah sesungguhnya baru muncul ketika layar berhadapan dengannya sudah muncul!  Masih ingat tentang lingkaran penanda apakah Pokemon mau ditangkap atau tidak? 99% Pokemon langka yang kamu temui akan memiliki lingkaran minimal kuning dan merah dan akan sering sekali menolak lemparan kamu. Jadi sangat penting untuk diperhatikan lingkarannya dan timing yang tepat.

Tetapi tidak hanya itu, untuk menangkap Pokemon langka dibutuhkan skill dan keberuntungan yang benar-benar tinggi, karena kecenderungan mereka untuk keluar dari Pokeball dan kabur juga sangat tinggi! Cobalah untuk menunggu lingkarannya kecil. Makin kecil lingkarannya, makin besar kesempatan menangkap suatu Pokemon. Kalau memang keluar, teruslah lempar Pokeball sebelum dia memiliki kesempatan untuk kabur, dan berdoalah semoga dia ketangkep. Begitulah yang hanya bisa dilakukan oleh kamu trainer yang levelnya masih rendah…

Untuk kamu yang levelnya sudah di atas 7, langkah pertama yang wajib dan sangat wajib dilakukan sebelum melempar bola adalah Memberinya Razz Berry! Razz Berry adalah makanan favorit Pokemon yang daapat membuatnya jinak dan mudah ditangkap. Sayangnya Razz Berry hanya dapat ditemukan di PokeStop jika level kamu sudah 7 ke atas, jadi siap-siaplah memanen Razz Berry di Poke Stop terdekat.

Pada level 10, kamu akan mendapatkan suplai PokeBall berkekuatan tinggi seperti Master Ball, Great Ball dan Ultra Ball. Bola level tinggi tersebut tentu saja memiliki sifat lebih hebat untuk tidak meloloskan Pokemon, tidak terkecuali Pokemon langka. Jadi jika kamu memberi makan Razz Berry, kemudian melempar bola yang kuat, maka besar kesempatan kamu akan sukses.

Menggunakan Egg Untuk Mengumpulkan Pokemon Langka

Telur Egg Pokemon Go Langka

Mengoleksi Pokemon tidak hanya terbatas pada melempar-lempar bola-bola kamu, walaupun ini berbeda dengan berburu dan melakukan tangkapan, tapi sangat efektif untuk memenuhi Pokedex kamu dalam mengumpulkan Pokemon. Jika kamu sudah level 5 ke atas, salah satu item yang akan didapat dalam PokeStop adalah Egg. Egg adalah telur Pokemon yang kamu dapatkan sepanjang perjalanan kamu di Pokemon Go, dan akan menetas sebagai suatu Pokemon, secara gratis! Tapi tidak mudah untuk memecahkannya, telur akan dierami dengan Egg Incubator yang kamu pula di awal permainan. Akan ada 3 jenis Egg yang bisa kamu dapat yaitu telur 2 km, 5 km dan 10km, jika kamu sudah berjalan sesuai km ketika dierami, maka telur tersebut akan menetas. Telur 10km akan memberikan Pokemon langka dengan CP tinggi! Tapi ingat ya, 10km itu lumayan jauh kalau jalan kaki bisa sampai ngos-ngosan, dan tentu saja app Pokemon Go juga harus nyala selama kamu berjalan 10km!

Apakah ada Panduan Tips dan Trik Lain Nangkep Pokemon?

Nah, begitulah tips-tips dan panduan khusus ketika menangkap Pokemon dan jenis Pokemon langka. Semoga cepat ketemu Pokemon langkanya dan menjadi Pokemon Master! Jangan lupa teruslah awas dan waspada dalam sekeliling kamu ketika bermain game android dan iOS Pokemon Go ini ya!

Tentang mocha

Lihat Juga

Pokemon Go Panduan Istilah Guide Featured

Pokemon Go: Istilah & Panduan yang Harus Kamu Tahu!

Baru banget dan masih bingung dengan istilah istilah dan cara main Pokemon Go? Ayo baca penjelasan lengkapnya biar ngga bingung!