Home / Berita / Yang Kekinian 2016 & Trend Kekinian Berikutnya – Paruh Kedua!

Yang Kekinian 2016 & Trend Kekinian Berikutnya – Paruh Kedua!

Tahun 2016 sudah memasuki paruh kedua dan sudah banyak hal dan peristiwa yang terjadi mulai dari tren warna neon 2016 sampai kamera-kamera kekinian. 2016 Awal juga mulai melantunkan dentang kemajuan dalam berbagai bidang seperti bangkitnya website-website jual beli besar dan juga penyanyi-penyanyi baru seperti Charlie Puth,tapi tidak terkecuali adanya terror-terror baru di berbagai negara. Tapi jangan khawatir, dalam segi yang lain apa aja nih yang bakal hot dan berasa paling kekinian 2016 sampai tahun ini berakhir, kita coba telusuri yuk!

7. Snapchat Efek dan Snapchat Filter

Kekinian 2016 Filter Snapchat JKT48

Snapchat sudah mulai merambah ke Indonesia sejak akhir tahun lalu. Aplikasi untuk Android dan iPhone yang dapat di download gratis berbasis pesan bergambar ini merupakan program asal Amerika yang ramai dipakai orang. Pada dasarnya Snapchat merupakan gabungan dari alat pesan pribadi dan konten publik, kamu bisa mengirim foto-foto seperti chat dengan lawanmu, yang jadi keunikan Snapchat adalah gambar yang terkirim berukuran pendek

Sebagai Aplikasi untuk berfoto-foto, tentu saja Snapchat memiliki fitur filter atau pengubah gambar secara digital. Bukan filter warna mempercantik atau memperjadul, fitur yang paling terkenal dan sedang kekinian 2016 di Snapchat sekarang adalah filter untuk mengubah wajah kamu jadi anjing-anjingan, muntah pelangi bahkan jadi orang tua! Uniknya di Snapchat adalah filter bisa jalan bahkan sebelum kamu melakukan potret, filternya juga bisa bergerak beranimasi sehingga menambah nilai jualnya.

Walaupun punya banyak jenis filter Snapchat, entah kenapa orang-orang menggandrungi satu filter unik yaitu filter anjing menganggapnya kekinian. Si muka anjing ini muncul di berbagai instagram dan media sosial orang-orang mulai dari ABG sampai Nabila Syakieb, karena memang lucu. Filter kekinian ini juga memiliki banyak tipe anjing yang bisa dipilih. Yang mau coba bisa didownload Snapchatnya, sepertinya trend ini akan terus melejit di 2016, bahkan ada kemungkinan Snapchat akan terus merilis filter-filter lain!

6. Pokemon Go

Pokemon Go Kekinian 2016

Juli 2016, tepat di pertengahan tahun mulai mewabah game baru yaitu Pokemon Go. Game buatan Niantic dan Nintendo ini melejit dengan hebat dan menjadi salah satu hal wajib yang kekinian yang harus orang bawa, terutama para netizen. Pokemon Go adalah game mencari dan menemukan monster Pokemon di peta dunia nyata dengan memanfaatkan kamera, GPS dan koneksi internet. Konsepnya yang baru inilah menjadi daya tarik khusus app ini walaupun formatnya adalah permainan, app yang beberapa orang enggan menyentuhnya. Pokemon Go memiliki konsep mengumpulkan jenis-jenis Pokemon yang bermacam-macam dengan berkeliling-keliling peta, mengunjungi bangunan khusus seperti gedung, taman bahkan masjid dan bertempur melawan sesama pemain lain.

Di Indonesia sendiri, game ini menjadi sangat ramai bahkan tidak sampai seminggu setelah dirilis walaupun belum resmi di Indonesia. Jadi sekalian nostalgia tontonan mereka-mereka yang usianya 25 keatas, tidak ada salahnya kamu juga mencoba game kekinian 2016 ini, karena belum ada tanda-tanda memudarnya hype game ini.

5. Mendadak Vlog dan Vlogger

Vlog Raditya Dika Kekinian

Sering nonton Youtube dan melihat suggestion dari sananya berupa orang-orang yang ngomong dan curhat sendiri di depan kamera? Tidak hanya terbatas di Youtube, tren ini juga mulai merambah social media lain seperti Twitter, dan mulai menggema di Indonesia. Trend kekinian ini bernama Vlog atau singkatan dari Video Log atau Video Blog. Vlog adalah semacam diary atau curhatan kehidupan sehari-hari atau hanya pengeluaran unek-unek orang yang dituangkan dalam format video dan diunggah agar orang-orang juga bisa mendengarkannya. Di Indonesia mulai ramai Vlog sekitar tahun 2014 seperti Raditya Dika dan Ernest Prakasa, namun kekuatan popularitasnya mulai naik pada tahun 2016.

Banyak Vlogger mulai dikenal di Indonesia seperti Laurentius Rando dan Kaesang Pangarep, putra presiden Jokowi. beberapa Vlogger juga membahas tema khusus seperti Video Game. Trend ini sepertinya mulai kekinian naik di tahun 2016 karena akses internet yang menyedot data banyak seperti video jadi semakin murah dan gampang diakses. Tertarik untuk membuat Vlog? Coba simak cara mendadak Vlog disini.

4. Steller

Steller Indonesia

Steller, aplikasi dan website sosial media untuk menulis dan berbagi cerita dengan foto dan video sedang naik pamor di Indonesia. Baru dengar? Steller itu Apa? Aplikasi ini diluncurkan sejak 2012 di Amerika, dan dengan konsep unik menggabungkan social media dengan majalah digital, pengguna tidak sekadar posting foto maupun video, mereka bisa bercerita. Jadi ketimbang “posting status”, kamu bisa lebih elit lagi sebagai “posting karya” menggunakan Steller ini. Apakah ini format baru dari penulisan blog yang dulu digandrungi orang-orang? Yang jelas format medsos inilah yang bikin orang Indonesia pada suka karena memang kita narsis pada dasarnya.

4. Brexit (Versi Kekinian)

Brexit Kekinian 2016 Brebes Exit

Tempat sorotan media dalam idul fitri 2016, Brexit adalah pintu tol baru yang dibuka di daerah Brebes. Dengan nama resmi Brebes Exit, banyak yang menyebutnya sebagai “Neraka Brexit” dan “Tragedi Brexit” karena ribuan pemudik terjebak di tol ini sampai 2-3 hari lamanya. Karena keadaan jalan dan keluar yang tidak kondusif dan banyaknya volume kendaraan, di pintu tol ini kendaraan tidak bergerak sama sekali dan terjadi kemacetan panjang sampai 4 kota. Nama Brexit sebenarnya adalah kondisi politik Inggris pada tahun 2016 setelah keluar dari Uni Eropa yang populer tidak lama sebelum pintu tol Brebes. Entah kenapa orang-orang jadi menyebutnya Brexit bahkan sampai diliput media luar.

Kenapa Brexit kekinian? Karena pada 2016 ini Brexit banyak dijadikan meme dan bahan perbincangan. Bahkan para pemudik jadi terkenal sebagai “mereka yang pernah bermalam di Brexit” beserta merchandise lainnya bahkan sampai ada T-Shirt Brexit. Sepertinya trend ini bakal dibicarakan di tahun 2016 terus.

3. Video On-Demand Kekinian 2016

Kekinian 2016 Video Netflix iFlix

Masih berlanjut dari efek kemudahan akses data berukuran tinggi, banyak platform penyedia video mulai masuk ke Indonesia. Kalau taun lalu jamannya video streaming seperti Clip On You, tahun ini dimulai dengan Netflix, platform video On-Demand asal Amerika yang merambah masuk ke Indonesia. Di negara asalnya status Netflix sudah menggantikan televisi sebagai tayangan pilihan masyarakat, karena kemudahan akses dan fleksibel dalam memilih tayangan membuat Netflix sangat terkenal. Tayangan yang tersedia juga sampai ratusan ribu mulai dari film sampai serial.

Keputusan Netflix masuk ke pasar Indonesia ternyata tidak diterima oleh pemerintah karena ini dan itu, sehingga diblok oleh pemerintah. Pemerintah bersama telkom kemudian merilis platform senada bernama iFlix, dari Simpati juga merilis HOOQ dengan tayangan-tayangan khusus film Indonesia.

Nilai jual platform Video On-Demand ini sama, kamu bisa memilih tayangan yang kamu mau-apa saja kapan saja dimana saja, dengan harga flat bulanan yang tergolong murah. Karena itulah sekarang Netflix dan kawan-kawannya ini sedang kekinian, terutama di kota-kota besar.

2. Smule Kekinian

Smule Afgan Raisa Kekinian 2016

Smule atau lebih tepatnya dinamakan sebagai Smule Sing! Karaoke adalah aplikasi handphone untuk bernyanyi bersama-sama secara online. Aplikasi ini sangat digandrungi di Indonesia karena menyanyi bersama itu enak dan kekinian (!?), apalagi kalau kamu bisa bertemu Afgan di Smule! Benar, di Smule kamu bisa bertemu siapa saja baik janjian sesama user pengguna maupun dengan random, dengan lagu pilihan ataupun random pula. Memang pantas Smule bisa terkenal karena dari pop sampai dangdut, track karaokenya sangat lengkap.

1. Dab
Kekinian 2016 Ngedab Dab

Suka bingung lihat pose-pose anak muda sekarang dengan tangan menyamping dan menduduk menutupi muka dengan tangan lainnya? Ini yang disebut pose dab yang sedang kekinian itu. Dab itu apa sih? Pose dab adalah pose yang terkenal di daratan Amerika dalam komunitas Hip Hop. Pose dab ini mirip dengan orang bersin, seperti  yang dilansir dari Wikipedia. Karena simpel, perlahan akhir-akhir ini di Amerika sendiri mulai naik setelah banyak digunakan oleh atlet American Football dan kemudian merambah kemana-mana.

Tentu saja pose dab ini juga sekarang digandrungi abg dan anak muda lewat media sosial karena dianggap kekinian, tidak terkecuali para artis. Tidak hanya itu, Dab atau ngedab (asalnya dari Dabbing / Dabbin) populer di Indonesia karena orangnya yang sering menonton pertandingan bola, karena salah satu selebrasi gol yang terkenal juga menggunakan Dab sekarang, seperti pose dab Paulo Dybala dari Juventus.

Tentang mocha

Lihat Juga

Perpustakaan-Perpustakaan Terbesar di Dunia

Suka baca buku? mari kita lihat beberapa perpustakaan tersebar di dunia, siapa tahu kalian berkesempatan untuk berkunjung kesana.