Home / Teknologi / Pokemon Go: Istilah & Panduan yang Harus Kamu Tahu!

Pokemon Go: Istilah & Panduan yang Harus Kamu Tahu!

Masih pemula atau baru banget main Pokemon Go? Belum pernah mengenal Pokemon atau dunia Pokemon sebelumnya? Kamu pasti sangat-sangat bingung dengan istilah dan menu yang bertebaran di game mobile yang sedang nge-hit sekarang ini.

Pasalnya Game Pokemon Go ini dirilis tanpa adanya manual, help ataupun hint di dalam game atau media resminya, jadi semuanya harus kamu yang memecahkan sendiri! Apalagi jika kamu download Pokemon Go lewat link-link yang aneh-aneh. Mulai dari awal main sampai bagaimana cara bertarung, semuanya benar-benar tidak diberitahukan oleh pihak Pokemon Go. Nah, buat kalian yang masih bingung tapi pengin cepet-cepet ngerti, yuk pertama-tama simak istilah istilah, guide awal, panduan dan item item penting yang ada di dalam Pokemon Go. Oh iya, mungkin buat penggemar Pokemon dan pemain game sebelum-sebelumnya, istilah ini pasti tidak asing lho.

20. Combat Power (CP)

Pokemon Go Panduan Istilah CP Combat Power

Apa itu CP yang nongol-nongol di atas Pokemon kamu? Dalam Pokemon Go, CP adalah singkatan Combat Power atau Combat Point, sebuah point yang menentukan segimana kuat Pokemon kamu ketika battle dengan Pokemon lain, atau bisa disebut sebagai tingkat kekuatan. Makin tinggi CP, maka akan lebih mudah mengalahkan Pokemon lain dalam Battle di Gym, maka CP adalah status paling penting dalam permainan ini.

Cara Meningkatkan CP di Pokemon Go

Makin tinggi level kamu, kesempatan kamu menemui Pokemon dengan CP tinggi juga makin besar. Pemahaman tentang CP sangatlah krusial dalam Pokemon Go karena menentukan kekuatan tim kamu, baik untuk menguasai ataupun melindungi Gym. Kamu bisa melihat CP masing-masing Pokemon langsung di menu Pokemon, dan juga dapat diurutkan berdasarkan CP mereka. Ada nilai maksimal CP yang ada untuk masing-masing Pokemon yang dapat kamu tingkatkan. Kamu dapat meningkatkan CP dengan cara sebagai berikut:

a. Menggunakan Candy dan Stardust

Kamu dapat menemukan Stardust dengan menangkap Pokemon apapun, kamu juga dapat mendapatkan Stardust lain ketika Level kamu naik. Fungsi utama dan satu-satunya Stardust adalah meningkatkan CP Pokemon kamu, bagusnya Stardust adalah sangat universal, bisa didapat kapan saja dan untuk siapa saja, sehingga kamu bisa fleksibel memakainya. Sebaliknya Candy adalah benda yang hanya bisa dipakai untuk satu jenis Pokemon saja. Sehingga sangatlah penting untuk menangkap Pokemon yang kembar-kembar, untuk ditukar dengan Professor Willow untuk mendapatkan Candy sebagai CP atau evolve Pokemon.

Untuk menaikkan CP Pokemon kamu, kamu butuh  satu candy dan sekitar 200 sampai 800 Stardust, dengan cara ini kamu biasanya akan menambah 20 sampai 80 CP. Cara untuk melakukannya, masuk ke menu salah satu Pokemon kamu dan klik Power Up. Garis putih di atas Pokemon menandakan nilai maksimal CP yang bisa dicapai.

b. Melakukan Evolve

Cara lain untuk meningkatkan CP yaitu dengan melakukan evolve Pokemon kamu, yang mana membutuhkan Candy. Tergantung jenis dan tahap evolusinya, Candy yang dibutuhkan beragam. Pokemon yang telah berubah secara umum memiliki CP dan HP yang lebih tinggisehingga sangatlah disarankan.Untuk melakukan Evolve, masuk ke menu Pokemon kamu dan klik Evolve.

19. Candy

Pokemon Go Panduan Istilah Candy

Dalam Pokemon Go dan dunia permainan Pokemon secara keseluruhan, sebuah Candy adalah benda yang digunakan untuk membuat Pokemon kamu jadi kuat dan untuk berubah. Candy dapat ditemukan di setiap Pokemon yang kamu tangkap dan Pokemon yang lahir dari telur. Setiap Candy memiliki nama Pokemon level pertamanya, contohnya Pidgey, Pidgeotto dan Pidgeot memiliki Candy yang bernama Pidgey Candy.

Candy digunakan untuk meningkatkan CP dan evolve. Kamu butuh banyak Candy untuk merubah seekor Pokemon. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, cara paling mudah untuk mendapatkan Candy adalah menangkapi Pokemon, jika ada Pokemon yang sedang ingin kamu tangkap, tangkaplah Pokemon tersebut banyak-banyak! Misal kamu ingin punya Starmie, kamu butuh menangkap Staryu banyak-banyak untuk mendapatkan Staryu Candy.

Dengan menetaskan Pokemon Egg juga akan mendapatkan Candy, dan lebih banyak dari yang ada di alam liar. Pokemon yang ditangkap biasanya hanya memiliki 3 Candy. Candy juga bisa didapatkan dengan mentransfer pokemon ke Professor Willow, untuk ditukar dengan satu buah Candy.

Berapa banyak Candy yang dibutuhkan untuk evolve Pokemon?

Sangat tergantung dengan jenis dan tahap perubahannya dan berapa banyak tahap perubahannya. Misal Pidgey menjadi Pidgeotto butuh 12 Pidgey Candy, untuk menjadi Pidgeot butuh 50 Pidgey Candy. Sedangkan untuk Pikachu menjadi Raichu butuh 50 Pikachu Candy. Karena membutuhkan banyak Candy yang tidak mudah dikumpulkan, alangkah baiknya mengutamakan untuk mengubah Pokemon kamu yang paling kuat dulu.

18. Stardust

Pokemon Go Panduan Istilah Stardust

Stardust berarti “debu bintang”, sebuah benda dalam kisah Pokemon yang berasal dari Staryu dan Starmie dan memiliki nilai jual yang tinggi. Namun dalam Pokemon Go, Stardust adalah benda yang membuat Pokemon kamu menjadi lebih kuat dan power-up, yaitu menaikkan CP. Stardust bisa digunakkan untuk semua Pokemon. Cara untuk mendapatkan Stardust yaitu dengan menangkapi Pokemon, berbeda dengan Candy, Stardust tidak dapat diraih ketika mentransfer Pokemon ke Professor Willow.

Cara kedua memperoleh Stardust yaitu dengan menguasai Gym dan berdiam di sana setiap hari. Kamu akan mendapatkan hadiah harian, salah satunya adalah Stardust.

17. Poke Ball

Pokemon Go Panduan Istilah PokeBall Habis

Poke Ball atau Poke Ball adalah alat untuk menangkap Pokemon dengan cara dilemparkan langsung ke Pokemon liar yang kamu temui. Jika kamu tidak punya Poke Ball, maka kamu tidak bisa menangkap Pokemon, sehingga alat inilah yang merupakan nyawa kamu. Ingat Poke Ball bisa habis jika kamu lempar-lempar terus menerus, jadi gunakan dengan bijak dan tepat sasaran. Cara mendapatkan PokeBalls sangatlah simpel. Kamu bisa mendapatkannya di PokeStops, mendapatkan ketika awal main, mendapatkan ketika naik level dan membelinya langsung di Store.

Saat kamu naik level yang lebih tinggi, kamu bisa mendapatkan Great Ball dan Ultra Ball di PokeStops, sangat berguna untuk menangkap Pokemon yang susah ditangkap. Pokemon yang susah ditangkap memiliki lingkaran kuning atau merah, tentu saja jangan lupa memberinya Razz Berry agar menangkap lebih mudah.

BACA JUGA: Panduan Lengkap Menangkap Pokemon dan Melempar Bola dengan Jitu!

Bagaimana Kalau PokeBall Habis?

PokeBall awalnya terlihat tidak terbatas, namun lama kelamaan jika sudah bermain jauh, maka kamu akan merasa kekurangan PokeBall dan kemudian habis, terutama di area yang jarang PokeStop atau banyak Pokemon kuat yang susah ditangkap. Sangatlah dianjurkan untuk sering menyetok PokeBall jika kamu berada di area yang dipenuhi PokeStop. Tapi jangan lupa, jika bag kamu sudah penuh, kamu tidak bisa mengambil apa-apa di PokeStop.

16. PokeStop

Pokemon Go Panduan Istilah PokeStop

Poke Stop atau PokeStop adalah lokasi-lokasi khusus dimana kamu bisa mendapatkan item atau banyak jenis macam benda untuk membantu petualangan kamu, SECARA GRATIS! PokeStop di daerah kamu biasanya ditandai dengan bangunan-bangunan unik seperti masjid atau patung, di peta game ditandai dengan bentuk kubus biru. Di PokeStop kamu bisa memutar-mutar foto bangunan tersebut untuk memanen PokeBall, Potion sampai item-item langka seperti Incense, Master Ball dan Egg!

Jika sudah mengumpulkan item-item dalam suatu PokeStop, maka membutuhkan waktu 5 Menit agar PokeStop tersebut menyuplai item kembali. Jika kamu beruntung atau daerah kamu banyak yang agak ngaco, nama PokeStop nya biasanya lucu-lucu.

15. Gym

Pokemon Go Panduan Istilah Gym

Gym adalah lokasi khusus dimana kamu dapat bertanding melawan Pokemon dari tim rival atau berlatih dengan tim sendiri. Gym merupakan tempat dengan tanda paling ramai dan paling tinggi di peta game kamu, dalam bangunan nyata, biasanya Gym berada di tempat untuk khayalak ramai atau pusat aktivitas seperti taman-taman atau stasiun. Untuk dapat berinteraksi dengan Gym, kamu harus berada pada level 5 atau di atas, sekaligus untuk memilih tim kamu.

Apa yang Bisa Dilakukan di Gym?

Pertama kali masuk Pokemon Gym kamu diharuskan memilih satu dari tim aliansi di Pokemon Go. Ketika kamu mulai sekarang, sudah pasti banyak pemain dan tim lain yang sudah menguasai Gym di sana-sini, namun jika kamu tinggal di kota kecil, ada kemungkinan kamu nemu Gym yang masih kosong.

Sifat Gym adalah mengkalim dan diklaim dengan tim masing-masing. Gym digunakan untuk melawan Pokemon pemain atau trainer lain. Kamu bisa battle di Gym sekutu yang timnya sama, maupun Gym yang dimiliki oleh rival kamu. Jika lawan Gym dengan warna yang sama, kamu bisa menambah “prestige“, nilai kebanggaan Gym milik team kamu di situ.  Sedangkan dengan mengalahkan rival, nilai prestige mereka akan menurun, jika “prestige” nya sudah sampai nol, maka Gym tersebut jadi milik tim kamu!

14. Battle

Pokemon Go Panduan Istilah Battle Gym

Salah satu jawaban dari pertanyaan “terus Pokemon yang udah ditangkep buat apaan?”. Battle adalah pertarungan antar Pokemon dalam game Pokemon Go seperti yang disebutkan di atas, intinya adalah menang atau kalah, dan biasanya ditentukan dengan banyak-banyakan CP antar Pokemon. Battle Pokemon berlangsung satu lawan satu, dari setiap trainer, untuk memperebutkan “singgasana” bernama Gym. Walaupun satu lawan satu, Battle yang berlangsung dalam suatu Gym jumlahnya sesuai dengan jumlah Pokemon yang ditaroh oleh suatu tim dalam Gym itu, sedangkan kamu memiliki maksimal 6 Pokemon untuk dipersiapkan untuk berantem!

Setiap menang atau kalah battle per Pokemon akan mempengaruhi Prestige yang jadi patokan apakah Gym tersebut akan direbut, jadi pikirkan strategimu baik-baik.

13. HP (Hit Point)

Pokemon Go Panduan Istilah HP

Hit Point adalah statistik darah atau nyawa suatu Pokemon khusus dalam pertarungan. Ketika pertama kali menangkap atau berubah, HP Pokemon kamu berada dalam status penuh. Jika Pokemon kalah dalam pertarungan dan HP nya jadi nol, maka Pokemon kamu tidak bisa bertanding lagi sampai kamu gunakan Item revive.  Nilai HP bisa dinaikkan dengan menu Power Up menggunakan Candy dan Stardust. HP ditandai dengan bar hijau ketika bertarung.

12. Defender Bonus

Pokemon Go Panduan Istilah Defender Bonus

Jika kamu sudah menguasai salah satu Gym, Defender Bonus adalah bonus item yang kamu dapatkan setiap hari jika menetap dan mempertahankan Gym itu. Kamu bisa mendapat banyak PokeCoins dan Stardust dari sini. Hadiah Defender Bonus bisa kamu klaim di Shop.

11. Evolution dan Power Up

Pokemon Go Panduan Istilah Evolve Level Up

Sebagai salah satu pakem dalam serial Pokemon, Evolusi atau Evolution juga memegang peranan penting di sini. Evolusi adalah berubahnya spesies Pokemon kamu menjadi spesies yang lebih tua, dan lebih kuat dari pohon perubahan yang sudah ditentukan. Pokemon yang sudah evolve akan memiliki CP yang lebih tinggi dan juga mendapat Stardust tambahan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk Evolve dibutuhkan Candy tergantung jenis dan tingkat perubahannya.

Power Up adalah istilah yang digunakan dalam menu untuk menaikkan CP dan HP menggunakan Candy dan Stardust.

10. XP / EXP Pokemon Go (Experience Points) dan Level

Pokemon Go Panduan Istilah XP

Experience Points atau nilai pengalaman adalah tolok ukur nilai untuk level kamu sebagai Trainer Pokemon dalam petualanganmu. Makin tinggi Level kamu, maka kesempatan kamu untuk mendapatkan Pokemon langka makin tinggi, juga untuk mendapatkan item-item bonus yang langka lewat level up maupun PokeStop.

Untuk menaikkan XP ada banyak jalannya, cara naik level di Pokemon Go termudah adalah mengunjungi PokeStop terus menerus untuk mendapatkan 50 XP atau menggunakan Lucky Egg. Cara atau tips-tips untuk menaikkan XP seperti ini disebut dengan Grinding. Perlu diingat bahwa cepatlah sampai level 5, karena kamu nanti sudah berhak memilih tim dan bertanding di Gym! Berbagai macam cara untuk menaikan XP dengan cepat adalah sebagai berikut:

Panduan XP dan Menaikkan Level Pokemon Go

  • Menangkap Pokemon dengan Curveball (Curveball adalah lemparan melengkung): 10 XP
  • Menangkap Pokemon dengan Nice (Nice adalah lemparan dalam lingkaran yang bergerak): 10 XP
  • Menangkap Pokemon dengan Great (Great adalah lemparan dalam lingkaran yang mengecil, dengan tidak lebih dari setengahnya): 50 XP
  • Menangkap Pokemon dengan Excellent (Excellent adalah lemparan dalam lingkaran yang mengecil, dengan titik terkecil): 100 XP
  • Menangkap Pokemon apapun: 100 XP
  • Memenangkan satu battle di Gym: 150 XP
  • Memenangkan dua battle di Gym: 250 XP
  • Memenangkan tiga battle di Gym: 350 XP
  • Memenangkan empat battle di Gym: 450 XP
  • Menetaskan Egg Pokemon: 500 XP
  • Membuat evolusi / mengubahkan Pokemon: 500 XP
  • Menangkap Pokemon jenis baru: 1000 XP
  • Membuat evolusi / mengubahkan Pokemon ke jenis baru: 1000 XP

9. Lure Module

Pokemon Go Panduan Istilah Lure Module

Lure Module adalah salah satu item atau benda yang sangat berguna dalam permainan Android dan IoS Pokemon Go, gunanya adalah untuk memancing para Pokemon liar untuk mendekat ke suatu PokeStop. Jika satu Lure Module sudah dipasang, maka para Pokemon akan bertandang ke PokeStop tersebut selama 30 menit! Pemain-pemain lain yang ada di daerah situ juga akan melihat Pokemon berdatangan, jadi bisa sekalian menangkepi bareng.

Lure Module bisa didapatkan di PokeStop maupun langsung membeli di Shop.

8. Incense

Pokemon Go Panduan Istilah Incense

Incense adalah salah satu item di Pokemon Go yang penting untuk mendatangkan Pokemon ke diri kamu. Intinya mirip dengan Lure Module namun bisa langsung ke tubuh kamu, disebut-sebut seperti parfum pengundang Pokemon. Tidak seperti Lure Module, pemain lain tidak dapat melihat Incense.

Kamu akan dikasih 2 Incense dalam awal permainan, bisa juga didapatkan di Shop.

7. Egg

Pokemon Go Panduan Istilah Egg Telur

Egg adalah telur Pokemon yang kamu dapatkan sepanjang perjalanan kamu di Pokemon Go, didapatkan melalui PokeStop ataupun bonus dan level up. Sesuai namanya, Egg berisi bayi Pokemon baru yang kamu dapatkan secara gratis, asal sudah menaruhnya dalam item yang bernama Egg Incubator. Ada 3 jenis Egg sejauh ini yang bisa didapat yaitu Egg 2 km, Egg 5 km dan Egg 10 km. Maksudnya apa? Sesuai tulisannya, untuk menetaskan telurnya, kamu perlu berjalanan sesuai jarak yang tertulis agar terlahir sebagai Pokemon! Pokemon-pokemon langka di Pokemon Go ada pada Egg yang 10 km.

6. Egg Incubator

Pokemon Go Panduan Istilah Egg Incubator Inkubator

Egg Incubator adalah item khusus untuk menentaskan telur Pokemon yang kamu peroleh. Awalnya kamu akan dibekali dengan satu Egg Incubator, namun bisa digunakan berkali-kali. Tapi satu Egg Incubator hanya mampu menampung satu Egg sampai menetas, jadi jika kamu tidak sabar untuk menetaskan yang lain, kamu harus membelinya secara langsung di Shop.

5. Lucky Egg

Pokemon Go Panduan Istilah Lucky Egg

Tidak sesuai namanya, Lucky Egg berbeda dengan Egg-Egg di atas. Lucky Egg adalah item yang akan melipatgandakan XP yang kamu peroleh dalam jangka waktu 30 menit. Jadi jika kamu mendapatkan Pokemon baru, yaitu 1000 XP, maka nilainya akan jadi 2000 XP. Lucky Egg termasuk item yang langka dan bisa dibeli di shop atau ketika level-up.

4. Razz Berry

Pokemon Go Panduan Istilah Razz Berry Razzberry

Razz Berry merupakan item yang sangat penting dalam permainan Pokemon Go ini, terutama jika level kamu sudah tinggi. Razz Berry adalah item buah yang digunakan pada Pokemon liar yang akan kamu tangkap, gunanya agar mereka agak jinak dan lebih mudah ditangkap. Razz Berry akan banyak muncul ketika level kamu tinggi di PokeStop PokeStop terdekat.

3. PokeCoins / PokeCoin

Pokemon Go Panduan Istilah Pokecoins

PokeCoins adalah mata uang dalam permainan Pokemon Go ini, biasanya diidentikkan dengan uang asli karena cara paling mudahnya adalah dengan membelinya langsung memakai dollar. PokeCoins digunakan di Shop untuk membeli item-item langka seperti Razz Berry, Egg Incubator, Pokeball, Incence dan Lure Modul. Namun ada beberapa cara mudah mendapatkan PokeCoins tanpa merogoh kocek, diantaranya:

Mengumpulkan PokeCoins

Mengumpulkan PokeCoins bisa menggunakan bonus dari Defender Bonus seperti yang dijelaskan di atas. Defender Bonus, dengan menempatkan salah satu Pokemon kamu di Gym untuk melindungi tim kamu, maka setiap satu hari atau sekitar 20 jam maka kamu akan mendapatkan 10 PokeCoins dan Stardust secaara gratis. Kamu dapat mengendalikan 10 Gym maksimal, sehingga setiap hari kamu bisa mendapatkan sampai 100 PokeCoins.

2. Medal

Pokemon Go Panduan Istilah Medal

Medal adalah tanda penghargaan yang kamu dapat setelah menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Guna sebenarnya medal adalah tidak ada gunanya secara langsung, jadi hanya rasa puas dan sombong ke teman kalau kamu sudah membuka medal-medal yang ada. Medal dibagi menjadi tiga jenis yaitu Bronze, Silver dan Gold. Medal yang bisa didapat bermacam-macam seperti medal Jogger ketika sudah berjalan beberapa kilometer sampai medal Pikachu Fan ketika menangkap sejumlah Pikachu.

1. Team

Pokemon Go Panduan Istilah Team Tim

Tidak hanya tangkap menangkap, Permainan Pokemon Go sekarang adalah soal tim, bagaimana cara menguasai dan dikuasai, mendominasi peta dengan warna, cara berkelompok dan menentukan target kekuasaan. Bisa dibilang salah satu kebanggaan kamu bermain Pokemon Go adalah sudah bergabung dengan team mana. Pemain Pokemon Go diharuskan memilih sebuah faksi atau aliansi jika sudah mencapai level 5 dan menjejakkan kaki di Gym untuk pertama kali. Professor Willow akan memperkenalkan kamu kepada tiga asisten, pemimpin tim mereka masing-masing, setiap pertarungan akan mewakili tim yang kamu pilih.

Namun pada teknisnya, team tidak mempengaruhi apa-apa dalam statistik kamu, selain dalam siapa-melawan-siapa. Tim kamu akan menentukan menang atau kalahnya dalam suatu battle Gym, kamu sekarang bertempur demi tim, menguasai Gym satu dan lainnya. Tim yang tersedia adalah tiga yaitu Team Instinct (kuning), Team Mystic (biru) dan Team Valor (merah), karena kamu tidak bisa mengganti faksi setelah memilih, jadi pilih dengan bijak ya!

Beginilah istilah-istilah, petunjuk dan panduan bagi kamu pemula atau yang barusan banget main Pokemon Go dari Bentaran.com! Semoga bermanfaat dan cepat menjadi Pokemon master ya, ingat tetaplah waspada dan perhatikan sekeliling jika bermain Pokemon Go!

Tentang mocha

Lihat Juga

Nintendo Classic Mini Version, 90s kids reborn.

Kangen gak sih mainan Nintendo ini? Buat generasi 90an, ada yang reborn nih.