Home / Teknologi / Pokémon GO, Permainan apa sih?

Pokémon GO, Permainan apa sih?

Orang-orang di Social Media kamu sedang banyak ngomongin Pokemon Go, tapi Apa itu Pokemon Go? Pokémon GO sekarang merupakan permainan paling heboh sejak awal Juli kemarin, tidak hanya di Amerika, Indonesia juga terkena wabah permainan Pokemon Go ini. Diluncurkan kepada publik pada 7 Juli 2016, hal ini merupakan kabar mengembirakan untuk para pengemar Pokémon, dan juga fans-fans baru yang sudah menunggu kedatangan permainan seru mengumpulkan monster-monster lucu dengan kamera dan GPS ini.

Apa Itu Permainan Pokemon Go
Pokémon GO Plus dan Perangkat Permainannya

Pokemon GO itu Permainan Apa Sih?

Game Pokemon Go merupakan augmented-reality game, atau permainan berbasis realitas tertambah yang dikembangkan oleh Niantic untuk perangkat iOS dan Android. Game dengan sistem Augmented Reality memungkinkan pemain untuk menangkap, bertempur, melatih dan menukar Pokémon virtual yang muncul di dunia nyata. Game ini gratis, tetapi pemain dapat membeli sebuah gadget kecil bernama Pokémon Go Plus, gadget tambahan ini memungkinkan pemakai untuk menerima notifikasi permainan tanpa harus melihat layar telepon.

Secara resmi permainan ini baru diluncurkan di Amerika Serikat, Selandia Baru, dan Australia, dan bisa didapatkan di Google Play Store dan Apple Store. Di Indonesia karena belum resmi, kamu bisa mendownloadnya secara ilegal yang tersebar di Internet, namun sangat tidak sarankan.

Apa Itu Pokemon Go dan Cara Mainnya?

Intinya setiap pemain diberikan kesempatan untuk membuat avatar yang mereka kehedaki, pemain dapat memilih jenis kelamin, rambut, warna mata dan kulit. Pemain akan diberikan petunjuk lewat peta permainan, disana pemain dapat melihat lokasi mereka berada sekarang, jumlah Pokéstops dan Pokémon gyms.

Ketika pemain ‘bertemu’ dengan Pokémon, pemain akan melihat Pokémon melalui Augmented Reality (AR). AR akan terlihat melalui kamera pada gadget permain.

Apa Itu Permainan Pokemon Go Sih
Game Play Pokémon GO

Tidak seperti game Pokémon sebelumnya, pemain tidak akan bertempur dengan Pokémon liar untuk menangkapnya, pemain diharuskan hanya untuk melempar pokéball. Semakin banyak pemain menangkap Pokémon semakin tinggi XPnya, XP digunakan untuk meningkatkan level pemain, semakin tinggi level pemain semakin banyak akses yang bisa pemain raih.

Permainan ini memiliki tiga tim utama yang bisa dipilih . Tim ini akan menjadi jalan utama untuk kalian mengklaim GYM yang ada, kalian bisa bekerja sama dengan sesama anggota tim untuk mengalah GYM lain ataupun mempertahankan GYM dari serbuan tim lain. Jadi inti dari permainan Pokemon Go adalah kamu dapat menangkap Pokemon di tempat-tempat di dunia nyata lewat kamera dan GPS, lalu kemudian bergabung dengan tim dan melawan Pokemon milik orang lain!

Kontroversi Pokemon Go

Kehadiran sebuah sistem baru dan teknologi terapan yang kekinian tidaklah lengkap tanpa kontroversi. Pokémon GO memanfaatkan beberapa tempat publik seperti tempat ibadah, kantor polisi, dll sebagai tempat untuk berburu Pokémon ataupun Pokémon gyms dan Pokéstore. Hal ini menyebabkan beberapa otoritas mengeluarkan peringatan agar para pemain untuk tidak memasuki tempat-tempat tersebut tanpa izin dari pemilik tempat.

Apa Itu Pokemon Go

Beberapa pemain Pokémon GO juga mengalami beberapa peristiwa kurang menyenangkan seperti secara tidak sengaja menemukan mayat, tersesat ataupun pegal kaki karena berjalan begitu jauh.

Untuk para pemain yang tidak sabar, aplikasi ini bisa di download di luar playstore melalui pihak ketiga untuk perangkat android, tetapi sayangnya para pemain yang berasal dari luar wilayah resmi peluncuran membebani server permainan, akibatnya para pemain dari Filipina telah di blokir oleh Pokémon GO, ada pula isu yang menyatakan bahwa para pemain dari Indonesia  akan di blokir juga.

Tertarik untuk menikmati pengalaman baru dalam bermain Pokémon? Daripada bertanya-tanya terus kaya gimana dan apa itu Pokemon Go, ayo langsung main, Jika sudah siap bermain Pokemon Go ayo kita simak artikel berikut:

1. Tips Bermain Pokemon Go

2. Istilah dan Petunjuk Di Pokemon Go Untuk Pemula

Tentang Gilang Putra

Lihat Juga

Nintendo Classic Mini Version, 90s kids reborn.

Kangen gak sih mainan Nintendo ini? Buat generasi 90an, ada yang reborn nih.