Home / Gaya Hidup / Yuk, Normalisasi Tubuh Pasca Bulan Puasa!

Yuk, Normalisasi Tubuh Pasca Bulan Puasa!

Puasa sudah berakhir, dan Hari raya Idul Fitri telah datang, hari raya ini menjadi penutup satu bulan kita berpuasa. Berpuasa mengubah rutinitas kesehariaan kita karena kita harus bangun lebih baik, tidak makan dan minum, beribadah malam, dll.  Yuk, secara perlahan kita kembalikan kondisi tubuh kita seperti sebelum bulan Ramadhan. Berikut ini beberapa hal yang bisa kalian lakukan.

  • Atur Asupan Makan

01.

Coba secara perlahan-lahan mengurangi porsi makan, konsumsi kembali buah dan sayuran karena pada saat hari raya kalian banyak mengkonsumsi makanan berbahan santan, selain itu mulai kurangi pula konsumsi-konsumsi kue-kue lebaran. Jika merasa berat badan kalian naik cukup dratis, usahakan untuk tidak makan malam, ganti dengan makan buah atau sayur.

  • Normalisasi Asupan Cairan

02.

Asupan minuman harus kita optimalkan kembali, karena saat bulan puasa sering kali kita lebih mengutamakan untuk menghilangkan rasa lapar dibandingkan dengan rasa haus. Kembalikan konsumsi cairan ke tingkatan normal, jangan tunggu rasa haus untuk minum air. Jika kalian cukup minum kalian optimal dalam melakukan beragam kegiataan.

  • Mulai Kembali Aktivitas Olahraga

03.

Untuk kebanyakan orang bulan puasa tentunya menggangu rutinitas olahraga, secara perlahan mulai kembali aktivitas olahraga kalian, lakukan olahraga-olahraga ringan dahulu selama beberapa saat sebelum kalian kembali melakukan aktivitas seperti sebelum bulan puasa.

  • Kembali ke Jam Tidur Normal

04.

Bulan puasa merupakan kesempatan terbaik dalam beribadah, tidak jarang masyarakat mengorbankan waktu tidur mereka, selain itu Sunnah untuk melaksanakan sahur mengharuskan kita bangun dinihari. Ada baiknya kalian kembali secara perlahan mengembalikan jam tidur normal kalian, memang butuh waktu beberapa hari untuk mengembalikan jam tidur normal.

  • Kembali Produktif Bekerja

05.

Ibadah puasa secara sadar tidak sadar pastinya menurunkan produktivitas kita, karena kurangnya asupan makanan dan minuman. Setelah bulan puasa berakhir, sudah waktunya kalian kembali produktif. Laksanakan setiap pekerjaan yang diberikan dengan penuh semangat dan tanggung jawab, sehingga kalian bisa memberikan hasil yang terbaik.

  • Pertahankan Ibadahmu

06.

Menjadi sebuah perilaku yang baik jika kalian tetap menjalankan ibadah dengan tingkatan seperti yang kalian lakukan di bulan puasa. Jalankan beragam ibadah Sunnah, tidak mengurangi sedekah yang kalian berikan. Ingat, jangan sampai hanya ketika di Bulan Ramadhan Ibadahmu meningkat!

Tentang Gilang Putra

Lihat Juga

10 Youtuber Indonesia dengan Followers Terbanyak!

Hayo ngaku, siapa yang kerjanya ngabisin kuota mulu buat nonton Youtube?