Home / Berita / Perpustakaan-Perpustakaan Terbesar di Dunia

Perpustakaan-Perpustakaan Terbesar di Dunia

Buku adalah jendela pengetahuan, lewat buku kita bisa melihat beragam dunia, mendapatkan pengetahuan baru. Salah satu institusi yang menyediakan dan menyimpan buku adalah perpustakaan. Berikut ini Bentaran sajikan beberapa perpustakaan terbesar di dunia.

  • British Library

01.

British Library merupakan perpustakaan nasional milik Kerajaan Inggris. British Library merupakan perpustakaan terbesar di dunia berdasarkan jumlah item yang terdapat katalog yaitu sebanyak 170 juta item dari berbagai macam negara, dalam beragam macam bahasa, dan dalam berbagai format. Dalam katalognya terdapat sekitar 14 juta judul buku.

British Library merupakan legal deposit library, hal ini berarti lembaga ini mendapatkan salinan setiap buku yang di produksi di Kerajaan Inggris dan Irlandia, termasuk di dalamnya buku-buku terjemahan yang diterbitkan di UK. Setiap tahunnnya, dibutuhkan sekitar 9,6 km ruang baru untuk menampung item-item baru.

British Library yang berdiri sejak 1973 ini terletak di Kota London, tepatnya di 96, Euston Road, London, NW1 2DB. British Library mendapatkan pendanaan dari Departemen Budaya, Media dan Olahraga.

  •  Library of Congress

02

Library of Congress merupakan perpustakaan penelitian yang melayani Kongres Ameruka Serikat, tetapi secara de facto juga disebut juga sebagai Perpustakaan Nasional Amerika Serikat. Library of Congress memiliki sebanyak 160 juta item dari berbagai macam negara, dalam beragam macam bahasa, dan dalam berbagai format. Terdapat 24 juta judul buku di dalam katalog perpustakaan, dimana terdapat sekitar 5.700 buku yang dicetak sebelum tahun 1500.

Library of Congress berdiri sejak tahun 1800 terletak di Washington, D.C, Amerika Serikat. Kalian hanya diperbolehkan untuk membaca buku tersebut di dalam gedung/di ruang baca, tidak diperkenankan untuk membawa buku keluar.

  • Library and Archives Canada

03

Library and Archives Canada merupakan institusi federal yang memiliki tugas untuk menemukan, menjaga dan memastikan semua dokumentasi warisan kebudayaan Kanada bisa diakses. Lembaga ini didirikan pada tahun 2004 yang merupakan gabungan dari  the National Archives of Canada and the National Library of Canada.

Library and Archives Canada terletak di Kota Ottawa ini memiliki 53,1 juta item yang terdaftar di katalognya, dimana terdapat 20 juta judul buku di dalamnya.

  • New York Public Library

04

New York Public Library merupakan perpustakaan terbesar kedua di Amerika Serikat yang berdiri pada tahun 1895, New York Public Library menyimpan sekitar 53 juta item di dalam katalognya, New York Public Library ini merupakan lembaga swasta yang mendapatkan pendanaan dari sumbangan sektor swasta dan sektor publik.

  • Russian State Library

05.

Russian State Library merupakan perpustakaan terbesar di Rusia yang terletak di Kota Moskow. Russian State Library menyimpan sebanyak 44,4 juta item dikatalognya dimana terdapat sekitar 17,5 juta judul buku. Setiap penerbitan buku di wilayah Rusia diwajibkan untuk mengirimkan salinannya kepada Russian State Library.

Tentang Gilang Putra

Lihat Juga

Kekinian 2016 Ngedab JKT48

Yang Kekinian 2016 & Trend Kekinian Berikutnya – Paruh Kedua!

Tahun 2016 sudah mencapai setengahnya, apa saja yang telah kekinian dan yang bakal diprediksi sebagai kekinian nantinya?