Home / Gaya Hidup / Mendadak Vlog

Mendadak Vlog

Mendadak Vlog

Akhir-akhir ini banyak banget orang mendadak vlog atau video blog, biasanya orang kalo ngeblog itu nulis atau ngetik di keyboard, tapi kalo vlog itu lo ngomong depan kamera. Bicara tentang keseharian lo, bicara tentang pekerjaan lo, atau sharing ilmu, atau menyelipkan promo dagangan dikonten video lo mungkin?

 

Berikut ini beberapa yang perlu dipersiapkan untuk memulai vlog:

 

Camera Pocket

Unsur pertama yang harus lo punya yaitu kamera, jelas untuk ngerekam lo sehari-hari. Tapi, untuk dapat menghasilkan video yang bagus lo perlu kamera pocket yang screen-nya bisa di flip kedepan, supaya ketika kameranya mengarah ke muka lo/kedepan lo jadi bisa melihat posisi mana yang enak untuk di rekam.

ZPR-CANON-G7XM2-FRONTLEFT-LCD

Untuk alternatifnya kalo gak punya camera pocket bisa pake smartphone mungkin ya, soalnya kamera smartphone sekarang udah banyak yang canggih juga bisa ngerekam sampe 4k.

 

Konten

Konten yang lo bawakan di video mungkin bisa mempengaruhi bagus atau nggaknya vlog tersebut, mungkin bagusnya di planning ya per hari mau ngerekam apa. Dan sebisa mungkin membuat konten pada vlog itu yang padat tapi berisi, kenapa? Biar yang nonton gak cepet bosen.

 

Software Video Edit

Yang satu ini adalah suatu keharusan daripada sebuah vlog, karena kalo videonya gak di edit dulu, bisa berantakan scene dari videonya. Maka dari itu software ini berfungsi sebagai yang merapihkan video lo, bisa menambahkan efek-efek atau text tertentu, bisa grading warna video agar warna yang ditampilkan itu enak diliat penonton.

PPfull

Software yang dipake disini bisa apa aja sih yang penting nyaman pakenya diantaranya ada Adobe Premiere Pro, Adobe After Effect, Sony Vegas Pro, iMovie, dll. Pokoknya yang enak buat diri sendiri aja pake yang mana.

 

Konsisten

Konsisten disini yang diperhatikan adalah konsisten terhadap gaya merekam, gaya edit dan konsisten dalam membuat konten terhadap vlog itu sendiri atau mungkin konsisten juga terhadap durasi video yang mau ditampilkan. Dalam gaya merekam itu misalkan apakan lo perekam yang sering dalam posisi selfie terus atau berubah-ubah, atau lo perekam yang suka membuat scene seakan-akan ada banyak camera yang merekam lo padahal itu cuma 1 camera (manipulasi camera).

 

Selanjutnya itu dalam gaya mengedit video seperti lo akan menambahkan bumper atau footage video disana, dan menambahkan text atau lagu yang menjadi identitas vlog lo sendiri. Dan konsisten dalam menampilkan isi konten juga sangat penting karena apa yang disampaikan dalam video juga harus berisi, gak cuma merekam keseharian lo, tapi kalo bisa disana selipkan beberapa edukasi mungkin biar bisa jadi ilmu baru bagi penontonnya.

 

Seperti yang dibilang diatas konten bisa berisi daily life, reviewing gadget atau apapun, sharing ilmu atau joke-joke yang sebisa mungkin itu diringkas dengan sangat padat tapi jelas agar penonton nggak gampang bosen. Kalo vlog lo udah begini dijamin pasti penonton yang nungguin banyak setiap harinya.

 

Share

Setelah video diupload, jangan sungkan buat share vlog ke temen-temen  lo atau minta bantu promosiin temen-temen lo juga biar vlognya banyak yang nonton dan subscribe, kali aja bisa jadi terkenal, ya gak?

 

Gimana? Tertarik buat jadi blogger next level yang kekinian?

Semoga sharing diatas bisa bermanfaat sebelumnya, terimakasih J

Tentang Herin Damara

Lihat Juga

10 Youtuber Indonesia dengan Followers Terbanyak!

Hayo ngaku, siapa yang kerjanya ngabisin kuota mulu buat nonton Youtube?