Home / Fakta / 7 Fakta Menarik Industri Semen di Indonesia

7 Fakta Menarik Industri Semen di Indonesia

Pasti kalian semua pernah melihatnya bukan? semen merupakan unsur penting dalam pembangunan, apalagi tidak ada bahan ini mustahil kalian bisa mendirikan rumah, berikut ini bentaran.com persembahkan sedikit informasi mengenai industri semen di Indonesia.

  1. Punya Asosiasi

    01. ASI

    Di Indonesia terdapat Asosiasi Semen Indonesia (ASI), sebuah asosiasi yang menaungi seluruh produsen semen di Indonesia, tetapi sayangnya belum semua produsen semen mendaftar menjadi anggotannya. Melalui ASI kita dapat mengetahui data penjualan semen setiap bulannya, apakah naik atau turun?

  1. Acuan Pertumbuhan Ekonomi

    02. Bendungan
    Bendungan merupakan salah satu proyek konstruksi yang membutuhkan banyak semen

    Logika yang dipakai adalah jika di suatu negara mengalami pertumbuhan pastinya banyak proyek-proyek infrastruktur yang dibangun, dengan begitu semen yang dikonsumsi akan semakin banyak. Konsumsi semen bisa menjadi acuan bahwa ekonomi tumbuh, jadi jika kalian ingin melihat keberhasilan program percepatan pembangunan infrastruktur Pak Jokowi, pertumbuhan konsumsi semen bisa menjadi acuan.

  1. Dikuasai oleh Tiga Pemain Besar

    00

    Di Indonesia, ada tiga pemain besar semen, yaitu BUMN PT Semen Indonesia Tbk. dengan merek Semen Gresik, Semen Padang dan Semen Tonasa, kemudian PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. dengan merek Semen Tiga Roda, dan PT Holcim Indonesia Tbk. dengan merek Semen Holcim.

  1. Tidak untuk Bangun Rumah Saja

    sulitnya-perizinan-penyebab-maraknya-pengeboran-minyak-ilegal

    Terdapat variasi semen yang digunakan di industri minyak dan gas, yaitu oil well cement, semen ini digunakan dalam proses pengeboran sumur minyak.

  1. Tidak Semua Berwarna Abu-Abu

    04. APlikasi Semen Putih

    Ternyata ada semen yang berwarna putih, walaupun warnanya putih bukan berarti semen ini tidak memiliki kekuataan sama dengan semen abu-abu. Di Indonesia, semen putih hanya diproduksi oleh semen tiga roda.

  1. Dijual dalam Bentuk Curah

    07. truk semen
    Semen tidak hanya dijual dalam bentuk Kantong berukuran 1 ton, 2 ton, 50 kg, atau 40 kg, adapula yang dijual dalam bentuk curah. Kalau kalian beli semen dalam bentuk curah, semen pesanan kalian akan dikirim dalam truk tangki pengangkut semen curah.

  2. Kompleks Pabrik Terbesar

    05. Pabrik Semen
    Kompleks Pabrik Indocement di Citeureup

    Kompleks Parbik semen terbesar di Indonesia berada di Citeureup, kompleks ini dimiliki oleh Indocement. Di kompleks itu terdapat 9 Pabrik dengan kapasitas produksi mencapai lebih dari 12 juta ton per tahun.

Tentang Gilang Putra

Lihat Juga

modus penipuan terbaru 2017 featured

Seram, Inilah Modus Penipuan Terbaru 2017 yang Mengincar Keluarga Anda

Nggak ada satu orang pun yang mau tertipu. Tapi banyak banget yang awalnya nggak curiga sedikit pun, akhirnya malah rugi jutaan rupiah. Karena memang di Indonesia khususnya banyak orang jahat!