Home / Travel / 5 Museum yang Layak Kamu Kunjungi di Jakarta

5 Museum yang Layak Kamu Kunjungi di Jakarta

Liburan tidak selamanya diartikan kamu pergi keluar kota, liburan yang asik juga bisa kamu lakukan di dalam kota, salah satu objek wisata yang bisa kamu kunjungi adalah museum. DKI Jakarta, sebagai Ibu Kota Indonesia memiliki beberapa museum menarik yang bisa kamu kunjungi. Berikut adalah museum museum di Jakarta yang wajib kamu kunjungi:

Museum Museum di Jakarta

1. Museum Nasional

Museum di Jakarta - Musium Nasional

Museum Nasional didirikan pada 24 April 1778, Museum ini menyandang gelar sebagai museum pertama di Asia Tenggara, kalian bisa menemukan museum ini di Jln. Medan Merdeka Barat 12, Jakarta Pusat. Julukan museum gajah didapatkan dari patung gajah yang terbuat dari perunggu, yang ternyata merupakan pemberian dari Raja Thailand, Raja Chulalongkorn dari Thailand pada 1871.

Banyak sekali koleksi yang bisa kamu temui di museum ini, diantaranya adalah prasasti, arca, serta benda kuno lainnya yang merupakan peninggalan kerjaaan di nusantara, selain itu kamu juga bisa melihat peninggalan berupa perhiasaan yang terbuat dari emas di museum ini. Total koleksi museum mencapai lebih dari 140.000 benda yang terbaik menjadi enam kategori besar.

2. Museum Bahari

Museum di Jakarta - Museum Bahari

Jika bergeser dari tengah kota menuju pesisir Jakarta, kita bisa menemukan Museum Hari di Jln. Pasar Ikan No. 1, Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Museum Bahari merupakan museum yang menyimpan beragam koleksi yang berhubungan dengan kebaharian nusantara, kita bisa melihat koleksi tersebut dari Sabang sampai Merauke.

Pada mulanya bangunan Museum Bahari merupakan gudang yang didirikan VOC untuk menampung hasil bumi nusantara sebelum di ekspor, pada masa penjajahan Jepang, bangunan digunakan untuk menyimpan logisti tentara, setelah masa kemerdakaan gedung ini tetap dijakikan gudang oleh BUMN dan akhirnya pada 7 Juli 1977, gudang ini diresmikan sebagai museum bahari.

Kalian dapat menemukan koleksi beragam jenis perahu mulai dari perahu tradisinional sampai dengan kapal-kapal modern, selain itu kalian juga dapat menemukan koleksi biota laut yang tersebar di Indonesia.

3. Museum Tekstil

Museum di Jakarta - Museum Tekstil

Museum Tekstil dapat kalian dekat dengan salah satu pusat grosir tekstil terbesar di ASEAN, yaitu di Jln. K.S Tubun No.4, Tanah Abang, Jakarta. Museum in diresmikan pada tanggal 28 Juni 1976, pembangunan museum ini didasari dorongan untuk melestarikan dan meneliti mengenai tekstil di Indonesia, apalagi di tahun 1970an terdapat kecenderungan rendahnya, penggunaan tekstil, pemahaman penggunaan dan kuantitas serta kualitas produksi.

Kalian bisa belajar mengenai seni batik disini, selain itu kalian juga bisa mengikuti seminar dan pelatihan seperti melukis di atas sutra, membuat pola pada kain, serta cara pengeringan alamiah.

4. Museum Bank Indonesia
Museum di Indonesia - Museum Bank Indoneia

 

Bank Indonesia ternyata memiliki museum juga loh, namanya adalah Museum Bank Indonesia yang beralamat di Jln. Pintu Besar Utara No. 3, Jakarta Barat. Museum ini persis berada di dekat Stasiun Kota, Jakarta. Museum ini menempati gedung cagar budaya  peninggalan De Javasche Bank yang dibangun pada 1828.

Museum ini diresmikan ada 21 Juli 2009, kalian bisa melihat banyak informasi mengenai peran Bank Indonesia dalam sejarah Indonesia, mulai dari masa penjajahan Belanda hingga era-reformasi. Dimuseum ini tersaji beragam informasi mengenai kebijakan dan dampak dari kebijakan Bank Indonesia, selain itu kalian juga dapat menemukan benda-benda bersejarah yang berhubungan dengan sistem keuangan di Indonesia.

5. Museum Polri Museum di Indonesia - Museum Porli

Jika kalian pengemar hal-hal yang berbau polisi, kalian harus datang kesini. Museum Polri terletak di Jln. Trunojoyo No. 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, letaknya tidak jauh dari Markas Besar Polri. Museum ini menyajikan perjalanan panjang Kepolisian Republik Indonesia dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Museum ini menyimpan beragam koleksi yang berhubungan dengan sepak terjang kepolisian, diantaranya koleksi yang berhubungan dengan perkembangan teknologi yang digunakan Polri, selain itu terdapat pula ruangan yang dipertunjukan khusus untuk mantan kapolri.

Itu saja rekomendasi dari tim bentaran.com untuk kalian, semoga usulan ini bisa membantu sobat bentaran.com untuk merancang liburan di dalam kota.

Tentang Gilang Putra

Lihat Juga

Ragam Layanan Taksi di Jakarta

Apa Layanan Taksi Favorit kalian?