Home / Travel / Kuliner yang Khas dari Kota Palembang

Kuliner yang Khas dari Kota Palembang

2017207780x390

Weekend ini, enaknya bahas kuliner lagi nih. Kalo kemarin-kemarin udah bahas kuliner Kota Solo, Kota Cirebon dan lainnya. Kali ini bentaran bakal ngajakin kamu ke Kota Palembang! Yuk kita simak ada apa aja sih di Kota Palembang ini.

1. Mie Celor

Mie Celor
Mie Celor

Mie Celor merupakan salah satu makanan khas Palembang. Yang unik dari mie celor ini adalah mie nya diseduh dengan air panas bukan direbus seperti umumnya. Kuah mie celor ini terbuat dari santan dengan kaldu ebi, toge, dan irisan telor rebus, yang dilengkapi dengan taburan seledri, daun bawang dan bawang goreng. Perpaduan kaldu ebi dengan santan membuat kuliner yang satu ini punya rasa yang gurih banget.

2. Pindang Tulang Meranjat

Pindang Meranjat
Pindang Tulang Meranjat

Makanan khas palembang yang satu ini terbuat dari tulang sapi yang dagingnya masih menempel serta sumsum yang ada di dalam tulang. Cara pembuatannya sendiri adalah tulang sapi direbus dengan campuran rempah yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabe hijau, serai, tomat, kunyit, laos, dan lada.

3. Pempek

Pempek Palembang
Pempek Palembang

Siapa sih yang gak tau sama kuliner khas Palembang yang satu ini? Yups, Pempek adalah salah satu makanan khas Palembang yang paling terkenal, bahkan kuliner yang satu ini dapat kita temui di beberapa Kota di Indonesia. Pempek ini merupakan makanan yang terbuat dari ikan giling, tepung sagu, air, dan garam. Biasanya ikan yang digunakan untuk olahan ini adalah ikan belida yang banyak terdapat di Sungai Musi. Meski begitu, banyak juga pempek yang terbuat dari ikan tenggiri atau ikan gabus, pempek biasanya disajikan dengan kuah cuka hitam yang rasanya manis, pedas, dan gurih.

4. Kue Delapan Jam

Kue Delapan Jam
Kue Delapan Jam

Disebut kue delapan jam dikarenakan lama pembuatannya kurang lebih 8 jam. Kue ini terbuat dari campuran telur bebek, susu kental manis, susu bubuk putih, mentega, dan gula. Kue ini biasanya akan disajikan saat perayaan Imlek atau Lebaran.

5. Laksan

Laksan
Laksan

Makanan yang satu ini hampir sama dengan pempek, yakni terbuat dari ikan giling dan tepung sagu. Hanya saja adonan ikan ini berbentuk bulat lalu kemudian dipotong melintang berbentuk oval. Laksan ini disajikan dengan kuah santan yang sangat gurih.

Itulah beberapa kuliner khas Palembang yang rasanya nikmat dan sangat menggoda selera. Gimana? Kamu suka gak nih sama kuliner-kuliner Palembang diatas? Atau pernah nyobain salah satunya?

Tentang Novira Andari Safitri

I'm only human..

Lihat Juga

Ragam Layanan Taksi di Jakarta

Apa Layanan Taksi Favorit kalian?