Home / Gimana Nih? / Resep Nasi Tumpeng yang Super Enak dan Oke

Resep Nasi Tumpeng yang Super Enak dan Oke

Siapa sih yang gak tau dengan sajian tradisional khas Indonesia yang satu ini? Yups, Tumpeng merupakan cara penyajian nasi beserta lauk-pauknya dalam bentuk kerucut, karena itu disebut pula ‘nasi tumpeng‘. Olahan nasi yang dipakai umumnya berupa nasi kuning, meskipun kerap juga digunakan nasi putih biasa atau nasi uduk. Sajian ini merupakan salah satu sajian yang biasanya digunakan saat acara penting atau syukuran, Nasi tumpeng ini identik dengan nasinya yang berwarna kuning, banyak orang yang menganggap bahwa nasi kuning dan nasi tumpeng itu sama saja, padahal ada perbedaan diantara keduanya, bahkan Nasi Tumpeng ini memiliki rasa yang berbeda dengan nasi kuning.

Kali ini bentaran bakal kasih bocoran resep nasi tumpeng  yang merupakan resep asli ala ala author nih (cielah), yang dijamin nagiiiihhhh banget di lidah! Cocok banget deh buat dicoba sama yang lagi belajar dan suka banget sama masak-memasak, apalagi nih buat cewek-cewek yang lagi cari nilai plus dimata calon suami atau calon mertua.. biar makin dicinta mereka, uhukk..

Yuk disimak aja..

Resep Nasi Tumpeng yang Oke

images

Bahan-bahan :

  • 2 Kg beras

Bumbu-bumbu :

  • Bawang Putih 10 siung
  • Bawang Merah 10 siung
  • Cabe merah 1 buah
  • Kemiri 6 buah
  • Jinten secukupnya (sedikit saja)
  • Lada bubuk secukupnya
  • Pala secukupnya
  • Cengkeh 5 biji
  • Kapol 3 biji
  • Ketumbar 1 sendok teh
  • Kunyit 4 jari
  • Bagana semangkuk kecil
  • Santan kental 2 gelas
  • Salam 2 lembar
  • Sereh 2 lembar

Cara Membuat :

  1. Masak beras seperti biasa hingga matang.
  2. Tumbuk/haluskan semua bumbu-bumbu yang telah disebutkan diatas.
  3. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga wangi.
  4. Masukan santan dan bagana lalu aduk hingga mendidih.
  5. Angkat bumbu tersebut lalu siramkan pada Nasi yang telah matang tadi lalu diaduk.
  6. Kukus lagi nasi yang telah disiram tadi selama kurang lebih 30 menit.
  7. Tadaaaa… Nasi tumpeng siap di hidangkan ?

 

Resep Nasi tumpeng di atas menghasilkan porsi yang lumayan banyak, yakni cukup untuk sekitar 20-25 porsi

O’iya selain untuk membuat nasi tumpengnya, bumbu-bumbu diatas juga bisa digunakan untuk membuat sajian lauk-pauk pelengkap nasi tumpeng, yakni sajian ayam atau telur bumbu tumpeng dan sayurnya.

Gimana guys menggoda banget kan sajian tradisional khas Indonesia yang satu ini? Jadi ikutan lapar deh..

Resep Nasi Tumpeng ini sangat cocok banget lho untuk disajikan di acara penting kamu seperti acara ulang tahun, wisudaan, atau bahkan acara tunangan. Selamat mencoba ya guys ?

Semoga bermanfaat ?

 

 

 

 

 

Tentang Novira Andari Safitri

I'm only human..

Lihat Juga

Cara Lain Nolak Selain ‘Kamu Terlalu Baik Buat Aku’

Ini dia cara nolak dengan 'halus'