Home / Gaya Hidup / 9 Minuman Khas Nusantara yang Lezat

9 Minuman Khas Nusantara yang Lezat

Minuman khas daerah memanglah unik, memiliki cita rasa yang berbeda namun tetaplah nikmat, bahkan banyak dinikmati oleh segala kalangan baik usia muda maupun tua. Penasaran kan ada minuman khas nusantara apa aja? Simak bentaran berikut ini!

minuman khas nusantara

 

1. Lahang

images

Siapa yang gak tau dengan minuman yang satu ini? Yups, Lahang merupakan minuman khas Indonesia yang berbahan baku nira. Lahang ini diperoleh dari sadapan pohon aren, cita rasa dari minuman ini sendiri manis dan menyegarkan.

2. Es Cendol

images

Es Cendol merupakan minuman khas sunda. Cendol biasanya memiliki warna hijau yang berasal dari daun suji. Minuman ini terbuat dari tepung beras, biasanya disajikan dengan es, gula merah cair dan santan. Yummyyy..

3. Wedang Ronde

images

Minuman tradisional yang satu ini merupakan minuman khas dari Jawa. Wedang ronde sendiri merupakan seduhan air jahe yang berisi bola-bola yang terbuat dari tepung ketan dan diisi oleh cincangan kacang tanah yang disebut ronde.

4. Sekoteng

images

Sekoteng merupakan salah satu minuman asli Jawa Tengah yang identik dengan rasa jahenya. Minuman ini disajikan dengan kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, kue simping manis dan potongan roti.

5. Es Selendang Mayang

images

Minuman ini merupakan jajanan khas Betawi yang sudah jarang ditemui. Bahan dari minuman ini sendiri berbahan dasar sagu aren. Diberi adonan kue yang selintas mirip agar-agar yang memiliki warna merah dan hijau.

6. Bajigur

images

Masih dari tanah sunda, Bajigur merupakan salah satu minuman yang terbuat dari campuran gula aren, dan santan. Minuman ini biasanya disajikan panas dengan tambahan kolang-kaling.

7. Bandrek

images

Bandrek merupakan teman setia Bajigur, karena dimana ada bajigur biasanya ada bandrek. Minuman ini terbuat dari gula aren dan jahe, disajikan panas dengan potongan parutan kelapa.

8. Es Cincau Hijau

images

Cincau ini terbuat dari perasan daun cincau yang didiamkan sehingga mengental seperti agar, disajikan dingin bersama parutan es, dan gula putih cair yang diberi sedikit pewarna merah.

9. Es Bul-bul

images

Minuman ini sangatlah sederhana, yakni hanya campuran air gula putih, yang diberi potongan kecil buah-buahan, seperti bengkoang, labu siam, pepaya, mangga, dan nanas, Biasanya minuman yang satu ini disajikan dalam keadaan dingin.

Gimana guys, menggoda banget kan minuman minuman khas nusantara diatas? Baik yang panas maupun yang dingin kayanya enak banget buat dicicipin.

Kalo kamu udah pernah coba minuman khas daerah mana aja nih guys ?

Tentang Novira Andari Safitri

I'm only human..

Lihat Juga

10 Youtuber Indonesia dengan Followers Terbanyak!

Hayo ngaku, siapa yang kerjanya ngabisin kuota mulu buat nonton Youtube?