Home / Travel / 8 Kuliner Solo yang Enak Banget

8 Kuliner Solo yang Enak Banget

Pernah jalan-jalan atau main ke Kota Solo? Pasti tau dong kuliner khas di Solo, kali ini bentaran.com bakal ngajakin kamu untuk mengingat tentang Solo dan kuliner khasnya. Mau tau ada apa aja? Simak bentaran berikut tentang Kuliner Solo.

Kuliner Solo

1. Soto Solo

Kuliner Solo

Kalo yang sering kamu temuin Soto Madura, jangan salah Solo juga punya soto. Soto di Kota Solo memiliki ciri khas tersendiri yaitu kuahnya bening, dan soto ini gak beda jauh sama Soto Semarang.

2. Wedangan

Kuliner Solo

Wedangan adalah warung khas kota solo yang menyediakan berbagai macam lauk dari mulai mendoan, tahu, sate telur, sate usus, sate uritan, sate kulit sapi dll. Minumannya pun juga beragam dari teh, jeruk, kopi, jahe dll. Warung ini juga menyediakan nasi kucing, yakni nasi dan lauk yang hanya secuil-secuil. O’iya wedangan ini punya nama lain, yakni HIK. HIK merupakan singkatan dari Hidangan Istimewa Kampung.

3. Bakso Solo

Kuliner Solo bakso

Selain Bakso Malang, kamu pasti pernah denger dong Bakso Solo? Bakso solo gak kalah terkenal lho dengan Bakso Malang, rasa yang gurih dan sedap menjadi ciri khas dari Bakso ini.

4. Tengkleng

Kuliner Solo

Makanan yang satu ini hampir mirip dengan Gulai Kambing, hanya saja kuahnya tidak menggunakan santan yang menjadi ciri khas kuah gulai. Konon katanya pada zaman dahulu tengkleng dikenal sebagai makanan rakyat jelata, hal ini disebabkan karena masakan ini tidak benar-benar memakai daging kambing, tetapi menggunakan usus, jeroan, kepala, dan tulang kambing.

5. Nasi Liwet

Kuliner Solo

Ternyata bukan cuma Kota Bandung yang punya Nasi Liwet, Solo juga punya nasi liwet khas Kota tersebut. Nasi liwet Solo juga bisa di bilang mirip dengan Nasi Liwet yang ada di Kota Bandung.

6. Sate Buntel

images

Sate yang satu ini berbahan baku daging kambing yang dicincang kemudian diberi bumbu, lalu kemudian di bungkus dengan lemak kambing dan ditusuk dengan menggunakan tusuk sate dan dibakar seperti biasa. Bumbu dari sate ini sama dengan bumbu sate pada umumnya.

7. Timlo

download (7)

Sekilas kuliner solo ini bisa dibilang hampir mirip dengan soto, bedanya masakan Timlo Solo ini berisi potongan sosis ayam,btelur ayam pindang dan serta irisan jeroan ayam, yakni ati dan ampela ayam.

8. Sate Kere

images

Kata kere pada nama sate yang satu ini berasal dari bahasa Jawa yang berartikan Miskin dan Tidak Mampu, sate kere ini terbuat dari gembus atau sisa pembuatan tahu. Biasanya sate yang satu ini juga dilengkapi dengan bahan lain seperti jeroan sapi berupa paru, limpa, hati, torpedo, ginjal dls. Gimana guys? Tertarik untuk mencobanya?

Tentang Novira Andari Safitri

I'm only human..

Lihat Juga

Ragam Layanan Taksi di Jakarta

Apa Layanan Taksi Favorit kalian?