Home / Fakta / 10 Makanan yang Mampu Menangkal Gangguan ‘Hipertiroid’

10 Makanan yang Mampu Menangkal Gangguan ‘Hipertiroid’

Hipertiroidisme atau hipertiroid mungkin adalah penyakit yang terdengar asing di telinga sebagian orang, apa sih hipertiroid itu?

Menurut Wikipedia Hipertiroidisme merupakan istilah yang digunakan untuk mengacu pada simtoma hiperaktif dari jaringan kelenjar tiroid yang menyebabkan sintesis dan sekresi berlebih pada hormon tiroid, atau lebih sederhananya suatu penyakit yang diakibatkan oleh kelebihan hormon tiroid.

Pada jantungnya penderita hipertiroidisme akan mengalami peningkatan laju istirahat denyut, peningkatan kontraksi bilik ventrikular kiri, yang menyebabkan penurunan tekanan diastolik serta peningkatan tekanan sistolik. Oleh karena itu terjadilah penurunan serum kolesterol, penderita menjadi lebih rentan terhadap gangguan ritme jantung, terutama disebabkan oleh fibrilasi atrial.

Tapi tau gak sih kamu ada 10 macam makanan yang bisa kamu konsumsi sehari-hari dan makanan ini dipercaya dapat menangkal gangguan hipertiroid. Penasaran kan makanan apa aja?

Makanan Pencegah Hipertiroid

1. Gandum

images

Gandum yang dimaksud merupakan gandum murni. Contohnya seperti oatmeal, beras merah, dan barley. Hal ini dikarenakan pada gandum utuh terdapat banyaknya kandungan vitamin B serta nutrisi yang dipercaya dapat meningkatkan metabolisme tubuh hal inilah yang dapat  merangsang kelenjar tiroid untuk mengeluarkan hormon tiroid yang berlebih, selain itu gandum merupakan salah satu makanan yang bisa mencerdaskan otak.

2. Minyak kelapa

images

Siapa sangka minyak kelapa yang sering kita jumpai merupakan salah satu yang bisa menangkal tiroid, Kandungan Asam lemak esensial dalam minyak kelapa dipercaya dapat berubah menjadi energi dengan cepat, hal ini disinyalir dapat mengatur fungsi tiroid.

3. Jamur

images

Jamur merupakan sumber makanan yang kaya akan zat selenium, jamur masuk ke dalam daftar makanan penangkal tiroid dikarenakan zat seleniumnya mampu menangkal gangguan hipertiroid, karena sebagaimana yang kita ketahui bahwa kekurangan selenium merupakan salah satu penyebab munculnya gangguan tiroid.

4. Bayam

images

Kandungan vitamin, protein, mineral, serta asam lemak omega-3 dalam bayam dipercaya dapat menjaga metabolisme tubuh Anda.

5. Telur

download (6)

Telur merupakan salah satu makanan yang sangat baik untuk mengatasi gangguan hormon tiroid. Hal ini dikarenakan telur kaya akan kalsium, zat besi dan yodium.

6. Hati sapi

images

Sama halnya dengan jamur, selain mengandung vitamin B12, hati sapi juga mengandung selenium yang dapat mengobati penyakit tiroid.

7. Bawang putih

images

Selain jamur dan hati sapi ternyata bawang putih juga kaya akan selenium bahkan selain untuk penderita tiroid, bawang putih juga baik untuk penderita Jantung dan Diabetes.

8. Brokoli

images

Kandungan dalam brokoli dipercaya dapat mengurangi senyawa yang membahayakan bagi fungsi tiroid dalam tubuh.

9. Daging merah

images

Daging yang masih merah segar seperti daging sapi kaya akan kandungan  zat besi yang baik bagi tubuh. Akan tetapi penderita tiroid disarankan untuk memilih daging yang rendah lemak.

10. Stroberi

hipertiroid strawberry

Stroberi merupakan makanan yang kaya akan yodium seperti skentang, yogurt, produk susu, dan kacang. Hal ini dipercaya dapat membantu tiroid dalam mengelola metabolisme, dan detoksifikasi.

Tentang Novira Andari Safitri

I'm only human..

Lihat Juga

Dekorasi kamar rumah minimalis

Dekorasi Kamar Tidur Oke untuk Rumah Minimalis Kamu

shares Facebook Twitter LINEAlangkah senangnya jika kamu punya kamar tidur yang indah, sangat welcoming dan …