Home / Berita / Kisah Ki Soleh, Tukang Ojek yang Bertarif Seikhlasnya

Kisah Ki Soleh, Tukang Ojek yang Bertarif Seikhlasnya

Ki Soleh
Postingan Dewi Rachmayani

Kisah hidup Ki Soleh begitu sapaan akrab pria yang tak lagi muda ini, mendadak menjadi perhatian para ‘netizen‘ setelah kebaikannya di posting oleh salah seorang perempuan muda yang pernah menjadi penumpangnya yakni Dewi Rachmayani.

Bagaimana tidak, pria yang telah mengojek selama 15 tahun ini selalu memberlakukan tarif seikhlasnya kepada para penumpang yang ingin menggunakan jasa ojeknya. Meski tak lagi muda, Ki Soleh tetap semangat menggeber motor yang setia menemaninya mengojek. Setiap hari ia berangkat dari rumahnya yang berada di Bumi Sawangan Indah, Depok sekitar pukul 05.00 pagi untuk sampai ke pangkalan ojeknya yakni Stasiun Palmerah, jarak dari rumah menuju pangkalan sendiri memakan waktu kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan.

Pria berumur 65 Tahun ini mengaku kasihan kepada para penumpangnya, rata-rata orang suka takut naik ojek dan bertanya kalo dianter ke tempat ini berapa sehingga Ki Soleh pun kebingungan untuk menjawabnya, akhirnya ia sering berkata bayar berapa saja yang penting ikhlas. Akibat kebiasaannya ini banyak penumpang yang terharu, salah satunya Dewi yang memposting kebaikan ki Soleh, selain menceritakan kisahnya ketika menggunakan jasa ojek Ki Soleh, Dewi pun menuliskan tempat mangkal serta Nomor Handphone Ki Soleh. Dalam beberapa hari diakui oleh Ki Soleh Handphonenya tak pernah berhenti berdering, bahkan banyak orang yang ingin menggunakan jasa ojeknya.

Sayangnya pria yang sempat menjadi Pengusaha Kaca dan Mebeul ini tidak dapat memenuhi permintaan yang kini membuatnya kewalahan. Ia membatasi jasa ojeknya, sehari-hari ia mengojek dari jam 8 pagi sampai setengah 12 siang setelah itu ia pulang ke rumahnya. Pemilik Nama lengkap Sustiarno Soleh ini sadar bahwa staminanya tak segagah dulu bahkan diakuinya bahwa ia sering mengalami vertigo dan pegal-pegal.

Bapak sekaligus Kakek yang memiliki 4 anak serta 9 cucu ini, kini banyak mendapat panggilan wawancara dari berbagai Media dan Stasiun Televisi, ia tak menyangka bahwa mengojek yang merupakan hobinya kini membuat namanya menjadi dikenal oleh masyarakat luas, bahkan kini ia mendapatkan banyak pujian dari netizen.

Di balik kebaikannya ini, siapa sangka orang sebaik Ki Solehpun pernah 2x ditipu oleh penumpang, dari mulai tidak dibayar sampai telepon genggamnya dibawa kabur oleh penumpang.

Ia mengaku pekerjaan menjadi tukang ojek dilakoninya lantaran ia tidak ingin menyusahkan dan merepotkan anak-anaknya, meskipun anak keduanya bahkan sanggup untuk memberikan ia dan istrinya sebuah rumah.

 

Tentang Novira Andari Safitri

I'm only human..

Lihat Juga

Fakta Menarik Kemerdekaan Indonesia

shares Facebook Twitter LINEMerdeka!!, Bulan Agustus merupakan Bulan dimana Indonesia merdeka dari para penjajah. Tahun …